Jenis-jenis Bisnis Mahasiswa yang Tak Menyita Waktu Banyak untuk Dilakukan

Menjadi seorang mahasiswa yang setiap harinya memiliki jadwal kuliah, seringkali membuat Anda tak memiliki waktu lagi untuk melakukan kegiatan lain apalagi memiliki pekerjaan. Belum lagi jika banyak tugas yang diberikan oleh dosen, maka untuk memiliki pekerjaan tetap sepertinya tak bisa dilakukan. Meski begitu, Anda tetap bisa memiliki sebuah bisnis sendiri dimana waktu untuk melakukannya tidak terikat dan bisa Anda lakukan sembari kuliah. Apa saja bisnis mahasiswa tersebut yang bisa dilakukan tanpa banyak menyita waktu namun memiliki prospek keuntungan yang lumayan? Berikut ini adalah beberapa listnya untuk Anda.

  • Berjualan pulsa.

Menjual pulsa memang sudah menjadi bisnis umum untuk kalangan mahasiswa. Meski banyak yang sudah melakukannya, namun pasarnya tak pernah sepi karena semua orang kini memerlukan pulsa. Dari pulsa handphone, kuota, pulsa listrik hingga berbagai jenis pembayaran bisa Anda lakukan menggunakan satu aplikasi. Dengan menginstal aplikasi tersebut di smartphone yang Anda miliki dan mendepositkan sejumlah uang, Anda tak perlu berdiam diri di counter untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Anda bisa berjualan di kampus sembari kuliah ataupun di jalanan dan di rumah secara online.

  • Menjaga warnet.

Menjaga warnet juga bisa menjadi sebuah bisnis mahasiswa sampingan yang bermanfaat. Baik warnet milik sendiri ataupun sebagai pekerja, Anda bisa menggunakan komputer di sana untuk membuat tugas kuliah atau mencari referensi untuk pengerjaan tugas di internet. Tentu saja Anda hanya bisa mengambil waktu kerja di sela-sela kesibukan kuliah Anda misalnya di sore hari hingga malam atau di waktu weekend.

  • Guru privat.

Memiliki ilmu yang bisa diajarkan membuat Anda bisa melakukan pekerjaan menjadi guru untuk adik kelas. Anda bisa menjadi guru les untuk anak SD, SMP, hingga SMA yang membutuhkan bimbingan belajar. Tak harus mahasiswa jurusan pendidikan yang bisa memberikan les privat. Mahasiswa jurusan bahasapun bisa mengajari mata pelajaran yang sesuai dengan kelebihan ilmu yang ia miliki.

  • Berjualan online.

Berjualan online memang sudah menjadi bisnis yang banyak dilakukan bukan hanya oleh mahasiswa namun juga oleh kalangan masyarakat lainnya. Anda bisa menjual berbagai produk misalnya benda hobi dan koleksi seperti sepatu snickers, aksesoris gadget dan sebagainya.

Beberapa pilihan bisnis mahasiswa di atas bisa Anda lakukan dengan prospek penjualan yang lumayan. Asalkan Anda bisa mengatur waktu dengan baik maka bukan tak mungkin Anda bisa membantu orang tua untuk meringankan pembayaran biaya kuliah atau sekedar untuk menjadi uang jajan Anda sendiri. Yang paling penting adalah Anda masih memiliki waktu untuk belajar dan mengerjakan semua kewajiban sebagai seorang mahasiswa sehingga kegiatan bisnis tidak mempengaruhi secara negatif kegiatan utama yang sedang Anda kerjakan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *