Jenis-Jenis Transaksi Jual Beli Online Di Indonesia Dan Perbedaannya

Semakin berkembangnya trand jual beli online di Indonesia seperti saat ini, semakin banyak orang yang ingin mencoba melakukan kegiatan tersebut. Entah menjadi penjual ataupun sebagai pembeli, tentu menginginkan transaksi yang aman dan nyaman. Namun, sayangnya masih ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan melakukan modus penipuan.

Oleh sebab itu pelaku jual beli online dituntut untuk mengetahui seputar transaksi online, salah satunya adalah sistem pembayaran yang biasanya digunakan untuk transaksi. Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis transaksi penjualan yang umumnya dilakukan, berikut ini penjelasannya.

Transfer Antar Bank

Jenis transaksi ini adalah cara yang paling umum dan popular digunakan dalam bisnis online. Selain simple, kelebihan lainnya adalah mudah dikonfirmasikan karena dana bisa dengan cepat di cek oleh pengirim dan penerima. Prosesnya adalah pertama-tama pembeli mengirim sejumlah uang yang telah disepakati, setelah selesai dikirim lalu konfirmasikan kepada penjual. Maka penjual akan mengirim barang yang dijanjikan.

Menggunakan sistem pembayaran ini sebelum melakukan pengiriman, harus memiliki sistem kepercayaan yang tinggi. Karena tidak sedikit kasus penipuan, setelah uang dikirim ternyata barang tidak dikirim. Yang bisa dijadikan patokan oleh pembeli adalah kredibilitas penjual yang memiliki reputasi baik dan memiliki kerjasama dengan bank. Dengan demikian akan lebih aman saat bertransaksi.

Cash On Delivery

Cash on Delivery atau dikenal dengan singkatannya (COD) merupakan metode pembayaran konfensional, dimana pembeli dan penjual bertemu langsung. Keuntungan menggunakan transaksi ini adalah penjual dan pembeli bisa dengan leluasa melakukan proses transaksi. Pembeli bisa dengan leluasa melihat secara detail barang yang dijual. Transaksi langsung ini memungkinkan terjadinya tawar menawar.

Kekurangannya adalah sistem keamanan baik antara penjual maupun pembeli. Untuk meminimalisir terjadinya kejahatan, sebaiknya pertemuan dilakukan di tempat umum atau ditemani oleh teman.

Rekening Bersama

Rekening bersama atau Rekber adalah metode pembayaran yang biasa disebut dengan istilah escrow. Walaupun sama-sama menggunakan bank namun ada perbedaannya. Pada metode transfer bank, pihak ketiganya adalah bank tempat penjual membuka rekening. Sedangkan pada rekening bersama yang menjadi pihak ketiga adalah lembaga pembayaran yang sudah dipercaya oleh penjual maupun pembeli.

Menggunakan metode pembayaran ini lebih terjamin keamanannya. Karena uang hasil pembayaran akan dikirim kepada penjual, jika barang sudah sampai ke pembeli. Jika terjadi masalah dana yang dikirim bisa dikembalikan kepada pembeli. Biasanya sistem ini digunakan pada sistem kegiatan bisnis antar member.

Demikian ulasan mengenai jenis-jenis transaksi jual beli online yang banyak di gunakan di Indonesia. Semoga artikel ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat khususnya bagi Anda yang ingin mengetahui seputar kegiatan transaksi online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *