Jual Beli Online Barang Bekas

carajualan.com-jual beli onlineIstilah barang second atau barang bekas sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bagi Anda yang menginginkan barang impian Anda dengan harga miring, Anda bisa membeli barang-barang second yang masih bagus. Tentunya Anda juga harus cermat dalam memilih barang bekas yang diinginkan. Saat ini sudah mulai banyak jual beli online barang bekas yang beredar di dunia maya, baik itu yang berupa elektronik, pakaian, motor, mobil, serta aksesoris barang-barang lainnya. Dalam hal jual beli online ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, apalagi barang yang akan Anda beli adalah barang bekas yang rawan sekali dengan kondisi cacat.

  1. Pastikan toko online atau grup tempat Anda membeli barang bekas tersebut adalah toko online atau grup yang terpercaya.
  2. Pilihlah penjual yang selalu online. Ini sangat penting, karena penjual yang selalu online lebih mudah untuk dihubungi selain itu pemrosesan barang yang ingin Anda belipun akan tertangani lebih cepat dibandingkan dengan penjual yang jarang online.
  3. Teliti barang sebelum membeli, kalimat ini tidak hanya berlaku untuk Anda yang membeli barang secara offline, justru dengan jual beli online seperti ini Anda dituntut untuk lebih berhati-hati dengan dengan barang yang ingin Anda beli. Perhatikan dengan hati-hati keterangan dan foto produk dengan teliti, apa ada cacat atau tidak. Pastikan pula kelemahan dan kelebihan dari produk yang ingin Anda beli. Jika perlu tanyakan langsung ke penjualnya tentang cacat atau kelemahan dari barang tersebut.
  4. Sesuaikan harga barang dengan uang yang Anda miliki. Selain itu Anda juga bisa membandingkan harganya dengan toko online lain, sebagai referensi bagi Anda, agar barang yang Anda beli tidak berharga terlalu tinggi dari harga yang seharusnya. Lebih bagus lagi jika barang bekas tersebut bisa ditawar dari harga yang dicantumkan.
  5. Pilihlah toko online yang memberikan garansi barang. Ini akan lebih bagus karena toko online atau grup yang memberikan fasilitas ini biasanya bukan toko online abal-abal. Dan dapat mempertanggung jawabkan atas barang yang mereka jual.
  6. Jangan terburu-buru untuk mentransfer uang sebelum Anda benar-benar yakin dengan pilihan barang yang ingin Anda beli.
  7. Jika Anda sudah yakin dan mau menerima resiko dari kelemahan barang yang ingin Anda beli kini saatnya Anda untuk menulis lengkap nama, alamat serta nomor telephon Anda yang bisa dihubungi. Ini untuk memudahkan jasa pengiriman ketika mengirimkan barang impian Anda.

Baca juga: 5 Tips Agar Sukses Jual Beli Online

Dengan memperhatikan beberapa langkah diatas, Anda dapat membeli barang impian Anda. Walaupun bekas, tetapi jika Anda cermat dalam memilih barang, Anda akan mendapatkan barang yang tidak kalah dengan barang baru. Dan yang pasti Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang pas dengan kantong Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *