Kelebihan dan Kekurangan Promosi Online Menggunakan Instagram

Saat ini salah satu media sosial yang kerap digunakan untuk melakukan promosi online adalah instagram. Ada ribuan bahkan puluhan ribu onlineshop yang merambah instagram untuk melakukan promosi penjualan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan promosi penjualan menggunakan instagram yang perlu diketahui:

Baca juga: Cara Jitu Promosi Online

Kelebihan

  1. Gratis

Media sosial adalah sebuah media yang gratis digunakan sehingga banyak peminatnya, termasuk juga pengguna media sosial instagram. Dengen melakukan promosi online di instagram tidak perlu membayar, hanya cukup mengunduh aplikasinya lalu mendaftar untuk menggunakannya. Berbeda dengan menggunakan website yang harus membayar domainnya dengan harga bervariasi, maka apabila menggunakan instagram tidak perlu menyewa harga domain. Oleh sebab itu, bagi pemula, media sosial instagram sangatlah cocok.

  1. Memiliki Banyak Pengguna

Sejak aktif pukul 2013, pengguna instagram semakin banyak, dan ini tentunya menjadi keuntungan untuk para pengusaha bisnis online yang memasarkan produk lewat instagram.

  1. Mudah Digunakan

Instagram mudah digunakan, oleh sebab itu menarik minat para pengguananya. Memosting foto dan video, follow, komentar, love/like, sampai mencari sesuatu menggunakan hashtag bisa dilakukan dengan mudah.

  1. Promosi yang Mudah

Apabila menggunakan instagram, maka promosi bisa dengan mudah dilakukan, misalnya, dengan memakai hashtag, menggunakan jasa ensdorsment artis atau selebgram, atau bisa juga menggunakan postingan bersponsor.

  1. Media Utama Berupa Foto

Instagram memiliki keunggulan dalam hal postingan, karena menggunakan foto sehingga bisa menampilkan produk secara langsung, sehingga calon pembeli bisa melihat-lihat foto dan memilih produk yang disukai.

  1. Terkoneksi dengan Sosial Media Lain

Kelebihan lain dari instagram adalah bisa dikoneksikan ke sosial media lainnya sehingga akan lebih mudah dalam berpromosi tanpa harus berpromosi di banyak media sosial dengan begitu juga lebih menghemat waktu.

Kekurangan

  1. Harus Update Secara Berkala

Seperti halnya twitter, isntagram juga mempunyai timeline yang bergerak sangat cepat. Oleh karena itu pengusaha online harus posting foto sesering mungkin sehingga produk bisa selalu dilihat oleh konsumen.

  1. Spamming

Mudahnya berinteraksi dengan isntagram, membuat media sosial ini kerap mendapat spamming, khususnya di bagian komentar, akan tetapi caranya bisa dengan private akun, sehingga tida sembarang orang yang bisa follow dan berkomentar.

  1. Transaksi Kurang Praktis

Rancangan awal instagram memang tidak digunakan sebagai media untuk jual beli, oleh sebab itu kurang praktis ketika harus melakukan transaksi. Oleh sebab itu, untuk memudahkan pembeli, pemilik online shop harus menulis kontak di bagian profil atau caption di setiap postingan.

  1. Persaingan Ketat

Sekarang ini online shop yang ada di instagram semakin banyak, hal ini tentunya menjadikan persaingan semakin ketat. Oleh sebab itu, pemilik online shop harus selalu ramah dan mempertahankan kualitas baik serta harga bersaing agar menarik banyak pelanggan.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari promosi online menggunakan instagram sehingga bisa memaksimalkan penggunaan instagram untuk jual beli online.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *