Keuntungan Dan Kelemahan Menjalankan Bisnis Internet Dropshiper

Saat ini bisnis internet dropship menjadi salah satu bisnis yang banyak dijadikan pilihan, alasannya memulai bisnis ini tidak membutuhkan modal. Itu sebabnya bisnis ini banyak dijadikan kerja sampingan untuk karyawan, mahasiswa bahkan ibu rumah tangga. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dan rasakan jika menjalankan bisnis ini, namun ada juga kelemahan dan kerugiannya yang harus Anda ketah

Seputar Bisnis Dropship Di Internet

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, bahwa menjalankan bisnis ini tidak membutuhkan modal untuk membeli produk yang akan dijual. Karena sistem bisnis ini Anda hanya menjadi pelantara (penjual) barang dagangan dari distributor atau suppler produk tersebut.

Keuntungan menjalankan bisnis ini, Anda tidak perlu repot mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan membungkus, mengirim barang. Karena semuanya sudah dikerjakan oleh supplier. Artinya, Anda hanya menyampaikan jika ada pemesanan dan pihak supplier yang mengirim barang ke konsumen atas nama Anda.

Jadi, intinya menjalankan bisnis internet ini Anda seolah-olah barang yang Anda jual ada atau toko online yang Anda kelola sudah siap barangnya.

Keuntungan Bisnis Menjadi Dropshiper

Karena tidak membutuhkan modal yang terlalu besar dan bisa dilakukan dimanapun, maka bisnis ini cocok dijalankan oleh mahasiswa, karyawan dan ibu rumah tangga. Cara pemasarannya bisa memanfaatkan internet, seperti menggunakan website/ blog, situs jual beli dan memanfaatkan jejaring media sosial.

Agar proses pemasaran berjalan efektif, Anda membutuhkan perlengkapan yang mendukung proses promosi produk. Adapun perlengkapannya adalah laptop, komputer atau handphone smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni. Selain itu, perangkat yang digunakan harus terkoneksi dengan internet atau lebih tepatnya Anda harus memiliki paket internet.

Keuntungan lainnya menjadi dropshiper adalah semakin terbuka kerjasama dengan pihak lain. Artinya menjadi dropshiper tidak harus menjual satu jenis produk saja, namun Anda bisa menjual berbagai macam produk yang sedang laris di pasaran, seperti: handphone, pakaian, sepatu, tas, perlengkapan olahraga, perabotan rumah tangga dsb.

Kelemahan Bisnis Menjadi Dropshiper

Walaupun banyak keuntungan, menjalankan bisnis ini tidak lepas dari tantangan dan hambatan seperti jenis bisnis lainnya. Salah satu kelemahan menjalankan bisnis ini adalah kadang barang dari supplier tidak update atau pada waktu ada pemesanan, barang yang dipesan tidak ada. Jika demikian komplan atau keluah konsumen akan tertuju pada Anda.

Selain itu kelemahan menjalankan bisnis ini adalah keuntungannya tidak begitu besar. Sebenarnya masalah tersebut bisa diatasi dengan menaikkan harga produk, namun hal tersebut beresiko karena jika konsumen mengetahui harga asli atau harga barang yang dijual di pasaran lebih murah bisa merusak kepercayaannya.

Jadi sebaiknya jika menjalankan bisnis internet menjadi dropshiper jangan berpikir mendapatkan keuntungan yang besar namun berpikirlah bagaimana caranya dapat menjual produk yang banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *