Keuntungan Memiliki Website Atau Situs Online Untuk Kegiatan Bisnis

Seiring dengan semakin berkembangnya internet berdampak pula pada penggunaan website. Website atau situs online tidak sekedar memberikan manfaat seputar berbagi informasi saja, namun lebih dari itu sebuah situs bisa menjadi media bagi pemiliknya untuk menginformasikan bisnis yang dijalani, bahkan bisa menjadi media promosi atau menjadi bisnis itu sendiri.

Manfaat Website

Secara umum situs online bermanfaat sebagai media informasi yang mudah diakses oleh banyak orang. Website mampu menjangkau hingga ke seluruh belahan dunia dan bisa diakses 24 jam. Selain itu website mudah dikelola, itu sebabnya web bisa dijadikan strategi pemasaran untuk bisnis atau usaha, artinya Anda akan mendapatkan banyak keuntungan karena membuka segmentasi pasar yang lebih luas.

Nah berikut ini beberapa alasan mengapa dalam kegiatan bisnis memerlukan website.

  1. Bisnis Anda memiliki kredibilitas dan terlihat lebih profesional. Hal ini harus didukung pula dengan tampilan web yang menarik dan melayani konsumen dengan baik.
  2. Bisa selalu memberikan informasi up date mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis Anda, misalnya: untuk memberikan informasi produk apa yang Anda jual, bagaimana cara pemesanannya dsb.
  3. Mudah dijangkau dan memungkinkan menarget pangsa pasar yang lebih luas
  4. Ibarat sebuah toko, website menjadi tempat untuk memajang barang yang Anda jual, sehingga memudahkan para pengunjung untuk mengetahuinya.
  5. Lebih hemat modal, waktu dan energi. Jika tidak memiliki website Anda harus memberikan informasi mengenai bisnis Anda, apakah itu melalui tatap muka, telepon, brosur atau email. Tentu saja hal tersebut membutuhkan biaya dan energi yang lumayan besar. Dengan web semua kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan maksimal tanpa harus mengeluarkan biaya dan energi.
  6. Bisa lebih meningkatkan pelayanan yang baik dan memuaskan untuk para pelanggan.

Baca juga: BEBERAPA SYARAT YANG HARUS DIPENUHI SITUS BERITA TERPERCAYA

Jenis-Jenis Website

Namun sebelum menggunakan website, alangkah lebih baiknya mengetahui jenis-jenis website agar Anda lebih paham dan mengetahui website mana yang akan Anda pilih dan mana yang tepat untuk menunjang kegiatan bisnis Anda.

Website Statis

Jenis web ini dibuat dengan cara manual, artinya harus memasukkan kode HTML yang terdapat pada halaman web. Jika ada yang akan di edit, dirubah atau diganti tampilannya bisa dilakukan secara manual dan ditulis ulang datanya.

Website Dinamis

Berbeda dengan web statis, pada web dinamis Anda bisa merubah dan mengupdate web sesuai dengan keinginan Anda. Web dinamis dibagi menjadi dua yaitu web yang halamannya frontpage dan backend.

Website Interaktif

Web interaktif merupakan situs online hasil pengembangan web dinamis. Dimana dalam web jenis ini memungkinkan antara pengunjung dan pemilik web melakukan komunikasi dua arah. Contoh yang familiar adalah media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *