Kiat Jual Beli Buku Online

Berbagai situs e-commerce merilis data mengenai transaksi online secara berkala untuk menunjukkan pencapaian mereka di bidang bisnis online. Dari berbagai data tersebut, ditemukan fakta bahwa jumlah transaksi di berbagai toko dan retail online di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis online semakin dikenal luas oleh masyarakat. Yang lebih mengejutkan lagi, salah satu dari tiga produk unggulan paling laris di berbagai retail online adalah buku. Buku hanya kalah dengan produk fashion dan produk kecantikan/ kesehatan. Buku, yang mungkin bagi sebagian pebisnis dianggap sebagai produk yang kurang menguntungkan, ternyata memiliki pangsa pasar yang cukup besar di dunia bisnis online. Akses masyarakat yang terbatas untuk memperoleh buku terbaru karena minimnya toko buku di kota-kota kecil menjadi salah satu alasan mengapa bisnis buku online memiliki pangsa pasar yang cukup tinggi. Para pebisnis online, khususnya yang pemula, seharusnya mulai melirik bisnis buku sebab prospeknya sangat bagus. Berikut ini adalah kiat jual beli buku online agar sukses.

Buku Apa yang Banyak Dicari

Pertanyaan yang jamak dikemukakan oleh pebisnis yang baru menjajaki jual beli buku online adalah, buku apa yang banyak dicari? Pertanyaan tersebut merujuk pada tema atau kategori buku. Buku yang paling laris di toko online adalah buku pelajaran, khususnya buku-buku wajib bagi siswa dan mahasiswa, seperti buku paket dan buku latihan, juga buku teori dan panduan. Selain buku pelajaran, buku yang paling laris adalah buku fiksi, yaitu novel, kumpulan cerita pendek, dan buku puisi.

Baca juga: Tips Mempunyai Website Review Khusus Buku

Waktu yang Bagus untuk Berjualan Buku

Menjual buku pelajaran dan buku sastra, memiliki waktu larisnya masing-masing. Buku pelajaran akan sangat laris ketika memasuki semester baru atau tahun ajaran baru, waktu-waktu di mana banyak siswa dan mahasiswa yang mulai sibuk mencari buku. Sementara untuk novel, waktu yang paling laris adalah awal bulan. Sebab umumnya para pembaca sastra menyisihkan sebagian gajinya di awal bulan untuk membeli beberapa buku sastra untuk bacaan sebulan ke depan. Penjual buku online harus jeli memanfaatkan waktu-waktu yang potensial tersebut untuk menjual jenis dan kategori buku yang sedang banyak dicari.

Tips Promosi

Para pembeli buku, memiliki watak yang agak berbeda dengan misalnya pembeli produk fashion atau produk kecantikan di internet. Jika umumnya pembeli online produk fashion dan produk kecantikan lebih suka mencari produk yang mereka cari melalui berbagai situs belanja online atau situs resmi produsen fashion atau kosmetik tertentu, para pembaca dan pembeli buku lebih cenderung mencari buku melalui penjual buku yang melakukan promosi di media sosial seperti facebook, twitter, atau instagram.

Maka bagi penjual buku yang akan menjajaki bisnis jual beli buku online, disarankan untuk melakukan promosi di media sosial, sebab akan lebih efektif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *