Kiat Mudah untuk Menghindari Penipuan Online yang Sebaiknya Diperhatikan

Transaksi belanja online memang memiliki banyak daya tarik sehingga menjadikannya sangat diminati, namun tetap harus hati-hati. Jangan sampai karena keasyikan belanja online nantinya membuat Anda menjadi salah satu korban penipuan online. Modus yang digunakan untuk menipu warganet sangat beragam sehingga kadang kala akan menjumpai modus baru dan tidak disadari menjadi modus penipuan. Pada saat belanja secara online baiknya paham bagaimana menghindari tindak penipuan tersebut, supaya transaksi aman dan Anda pun puas berbelanja.

Kiat Menghindari Penipuan Secara Online

Supaya belanja melalui dunia maya benar-benar aman dan menyenangkan maka pahami kiat menghindari tindak penipuan. Adapun kiat tersebut antara lain:

  • Cek alamat yang disediakan penjual,

Pelaku usaha toko online tentu akan menyediakan alamat dan nomor kontak dimana usaha tersebut dijalankan. Namun sebagian besar hanya menyediakan nomor kontak, pastikan bisa dihubungi dan kalau ada alamat cek kebenaran lokasi tersebut. Kalau memang lokasi di Google sulit ditemukan besar kemungkinan merupakan aksi penipuan berkedok toko online, maka jangan bertransaksi di dalamnya.

  • Mencari yang testimoninya memuaskan,

Semua toko online tentu memiliki pembeli yang melakukan order, ketika sudah membayar orderan dan menerima orderan tersebut. Maka pihak pembeli akan melakukan konfirmasi sehingga diupload ke lapak online oleh pelaku usahanya sebagai testimoni untuk meyakinkan warganet tidak ragu berbelanja di lapaknya. Perhatikan testimoni tersebut dan wajib sekali memberi rasa puas, jauh lebih aman memilih toko online yang ulasannya positif di marketplace. Sebab tidak ada istilah testimoni rekayasa sendiri, sebab sistem marketplace lebih ketat sehingga resiko penipuan online semakin kecil.

  • Gunakan rekening bersama untuk pembayaran,

Penipuan akan semakin mudah terjadi ketika sembarangan dalam mentransfer sejumlah dana dengan maksud melakukan pembayaran. Baiknya mencari tempat belanja online yang menyediakan rekening bersama, atau nama pemilik rekening adalah sebuah perusahaan bukan nama perorangan. Paling aman memang belanja di situs jual beli online karena disini disediakan banyak metode pembayaran. Jauh lebih terjamin karena pihak marketplace sudah bekerjasama dengan perbankan, akan tetap aman asal tidak mentransfer ke rekening pribadi penjual. Sebab rekening bersama ini menjadi solusi paling aman.

  • Baiknya memilih penjual lawas dan kredibel,

Berhati-hati terhadap toko online baru ternyata sangat penting karena kita belum tahu kredibilitas mereka seperti apa. kebanyakan kasus penipuan secara online memang terjadi di toko online seumur jagung. Mengantisipasi penipuan ini maka pilih toko online lawas dan memang dikenal terpercaya, dijamin layanan yang diberikan juga lebih profesional. Mengecek umur tokonya bisa dengan melirik riwayat atau history pembuatan website maupun jumlah postingan jika berada di media sosial. Menghindari penipuan online memang perlu usaha satu ini, maka jangan sampai terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *