Kiat Promosi Online yang Efektif

Perkembangan internet berdampak pada berbagai perubahan dalam kehidupan masyarakat. Salah satu perubahan yang cukup signifikan adalah bagaimana masyarakat memperoleh informasi. Jika sebelum era internet masyarakat cenderung mencari informasi melalui koran dan televisi, saat ini masyarakat cenderung memanfaatkan internet sebagai media untuk memperoleh informasi. Dibandingkan dengan teknologi lainnya, internet memang menawarkan kecepatan. Apa yang diunggah ke internet di suatu waktu, akan dapat diakses dan dinikmati jutaan pengguna internet pada saat itu juga. Pergerakan berita dan informasi di internet sangat cepat. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh produsen dan agen periklanan untuk melakukan promosi di internet secara online. Dengan melakukan promosi di internet, pihak pengiklan mendapat banyak keuntungan, di antaranya adalah beaya yang lebih murah dan jangkauan yang luas. Berikut ini adalah kiat promosi online yang efektif.

Menentukan Target Promosi yang Potensial

Internet memiliki jutaan pengguna dengan ragam latar belakang, usia, dan profesi. Oleh sebab itu, ketika akan melakukan promosi online, pihak pengiklan harus mentukan target promosi yang potensial terlebih dahulu, yaitu pengguna internet yang kemungkinan akan menggunakan atau membeli produk yang diiklankan tersebut. Contohnya, jika produk yang dipromosikan adalah jilbab atau hijab, maka target promosi yang potensial adalah pengguna internet yang muslimah dan memakai jilbab, juga para remaja muslimah yang gemar berbelanja online. Menentukan target promosi yang potensial penting dilakukan sebelum memilih media promosi yang tepat.

Media Promosi yang Tepat

Jika sudah menentukan target promosi, tahap selanjutnya adalah menentukan media promosi yang tepat. Umumnya, berbagai situs atau website di internet memiliki pengunjung loyalnya masing-masing. Misalnya situs atau website ibu menyusui, maka pengunjung terbesarnya adalah ibu rumah tangga, sehingga situs tersebut dapat dijadikan sebagai media promosi berbagai produk kecantikan, produk pakaian bayi, produk makanan sehat untuk bayi, dan produk lainnya yang berkaitan dengan ibu yang sedang menyusui dan merawat bayi.

Model Promosi yang Unik dan Menarik

Meski media berupa situs atau website memiliki peranan yang penting dalam penyebaran promosi secara online, namun keberhasilan sebuah iklan dalam menarik perhatian masyarakat, khususnya para pengguna internet, terletak pada seberapa unik dan menarik model promosi yang dijalankan. Misalnya, ketika melakukan promosi denganm video, maka video iklan tersebut harus menarik. Dalam durasi iklan selama 30 detik, penonton harus tertarik dan dibuat penasaran akan produk tersebut. Begitu pula dengan ketika beriklan melalui gambar atau poster, desain posternya harus dibuat semenarik mungkin, font tulisannya mudah dibaca, sehingga informasi di dalam poster tersebut dapat ditangkap oleh masyarakat.

Promosi online tidak boleh dilakukan secara acak, melainkan dengan konsep dan sasaran yang jelas, agar informasi atau iklan yang disebarkan dapat ditangkap dengan baik oleh para pengguna internet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *