Kiat Sukses Jualan Online di Internet

Menjadi pebisnis online merupakan salah satu profesi yang banyak digeluti oleh para pebisnis pemula. Modal yang tidak terlalu besar, juga faktor kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan oleh teknologi internet, membuat banyak orang yang mulai menjajaki bisnis online. Selain faktor berbagai kemudahan yang ditawarkan, banyaknya orang yang mulai beralih ke kegiatan belanja online dibandingkan dengan belanja konvensional juga merupakan faktor yang menyebabkan mengapa jual beli online semakin digemari dan memiliki pangsa pasar yang besar. Tercatat, dari tahun ke tahun, jumlah transaksi jual beli online semakin meningkat. Namun meskipun cukup menggiurkan dan menguntungkan, bukan berarti semua pedagang bisa sukses jualan online.

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi sukses atau laku tidaknya jualan online. Berikut ini akan dibahas mengenai kiat sukses jualan online di internet.

  1. Memilih Media yang Memiliki Banyak Pengunjung

Salah satu faktor terpenting yang menentukan laris tidaknya jualan online adalah media yang dipilih. Media yang dimaksud adalah situs atau website tempat yang dijadikan tempat berjualan online. Kebanyakan, para pebisnis online pemula cenderung hanya memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, atau twitter untuk media promosi atau lapak jualannya. Padahal, dengan hanya mengandalkan media sosial, maka calon pembeli yang potensial jumlahnya semakin mengerucut, hanya sebatas jumlah teman atau follower di media sosial tersebut.

Salah satu siasat jitu untuk meraup banyak calon pembeli adalah dengan ikut bergabung dengan berbagai situs e-commerce yang sudah jelas memiliki banyak pengunjung. Saat ini, banyak sekali situs e-commerce yang menyediakan lapak atau toko gratis untuk penjual online yang mau bergabung dengan situs mereka.

  1. Strategi Promosi yang Tepat

Selain memilih media yang tepat, strategi promosi juga sangat menentukan kesuksesan jual beli online. Sudah menjadi karakter dan watak dari pengguna internet Indonesia bahwa mereka cenderung menyukai sesuatu yang menarik dan unik. Oleh sebab itu, menggunakan strategi promosi yang menarik dan unik merupakan cara paling tepat untuk meraup calon pembeli. Misalnya, dengan membuat poster promo dengan gambar atau desain yang menarik, sehingga para pengguna internet tertarik untuk membaca atau melihat lebih detail konten atau isi dari poster promo tersebut. Hindarilah cara promosi yang konvensional. Semakin unik dan menarik strategi promosi yang dipilih, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan pembeli.

  1. Menentukan Calon Pembeli Potensial

Seringkali, para pedagang online cenderung melakukan promosi secara random atau acak, yaitu asal memposting poster atau info promo tanpa menentukan siapa target yang potensial. Padahal, menentukan target potensial sebelum melemparkan sebuah info promo akan membuat info promo tersebut dapat diterima oleh orang yang tepat. Misalnya, jika yang dijual adalah produk perlengkapan olahraga, target calon pembeli yang potensial tentu adalah pengguna internet yang gemar olahraga. Atau misalnya produk yang dijual adalah jilbab, maka target pembeli yang potensial adalah muslimah. Itulah kunci sukses jualan online di internet yang perlu Anda perhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *