Langkah Mudah Melakukan Internet Marketing

Internet telah memberikan berbagai kemudahan bagi pekerjaan manusia. Hal-hal yang semula rumit menjadi lebih sederhana dengan berkembangnya teknologi internet. Dalam mencari berita dan informasi, misalnya, internet menawarkan kecepatan dan cara yang lebih praktis. Tidak hanya dalam mencari informasi, dalam memberikan informasi pun akan lebih efektif jika disebarkan melalui internet. Internet memiliki ruang yang tidak terbatas dan jangkauan yang sangat luas. Orang-orang yang berada di tempat yang sangat jauh dapat menerima informasi yang disebarkan di internet. Hal inilah yang sering dimanfaatkan oleh pengusaha atau pebisnis untuk melakukan kegiatan marketing atau pemasaran di internet. Dengan melakukan internet marketing, selain jangkauannya lebih luas dan informasi yang disebarkannya akan lebih cepat diterima oleh calon konsumen, beaya yang dikeluarkannya pun lebih murah dan bahkan dapat ditekan seminimal mungkin. Tidak heran jika pemasaran melalui internet kini menjadi cara baru dalam memperkenalkan sebuah produk ke masyarakat. Berikut ini akan diulas mengenai kiat-kiat dan langkah mudah dalam melakukan pemasaran di internet.

  • Beberapa Metode Marketing di Internet

Internet menawarkan banyak cara untuk melakukan marketing. Marketing di internet bisa dilakukan secara mandiri, bisa juga dilakukan dengan bantuan orang lain. Marketing yang dilakukan dengan mandiri misalnya dengan cara mengupload atau memposting konten iklan berupa poster/ foto atau video di berbagai akun internet, misalnya di media sosial seperti facebook, instagram, youtube, dll. Memilih media sosial yang banyak pengguna adalah langkah marketing yang paling mudah dan murah sebab nyaris tidak perlu mengeluarkan beaya.

Jika internet marketing yang dilakukan secara mandiri dirasa kurang efektif, pemasaran dan pengenalan produk bisa dilakukan dengan meminta bantuan orang lain, misalnya dengan menggunakan jasa endorsment ke orang-orang yang memiliki banyak pengikut di akun media sosialnya, atau menitipkan iklan di konten youtube yang memiliki banyak pengunjung. Jika melakukan pemasaran dengan mengandalkan jasa orang lain, tentu kita harus membayar beaya jasa sesuai dengan kesepakatan.

  • Menentukan Target

Internet memiliki jutaan pengguna dengan beragam karakter dan kegemaran. Melakukan marketing dengan startegi acak atau random tidak akan berjalan efektif dan postingan iklan/ pemasaran kita berpotensi hanya menjadi sampah internet sebab tidak dilirik oleh pembaca atau calon pembeli. Agar kegiatan marketing tersebut berjalan efektif, kita perlu menentukan target calon konsumen yang disesuaikan dengan produk yang akan kita pasarakan atau kita promosikan. Misalnya jika produk yang kita jual adalah fashion wanita, maka kita mesti menyasar grup-grup atau situs internet yang biasa dikunjungi oleh wanita.

Pada dasarnya, metode melakukan internet marketing tidak jauh berbeda dengan metode marketing konvensional. Hanya saja, media internet sedikit berbeda dengan media seperti televisi atau surat kabar cetak. Jika ingin menerapkan metode marketing konvensional di internet, perlu dilakukan penyesuaian terutama berkaitan dengan karakter pengguna internet atau calon konsumen yang disasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *