Lima Kategori Utama Cara Bisnis Online

carajualan.com_cara bisnis online

Puluhan cara bisnis online bertebaran di Internet. Namun, Anda tidak bisa memilih sesuka hati. Anda harus memilih cara yang memiliki prospek bagus sekaligus sesuai dengan minat, pengetahuan, dan pengalaman Anda.

Cara bisnis online yang terbaik untuk si A, bukan berarti terbaik untuk Anda. Yang terbaik buat Anda belum tentu terbaik untuk orang lain. Jadi, intinya bukan mencari cara yang terbaik, tapi mencari cara bisnis yang terbaik bagi Anda.

Agar tidak bingung memilih yang sesuai untuk Anda, mari kita ulas lima kategori besar cara bisnis online berikut ini.

Menjual produk

Produk yang dijual di sini bisa jadi hasil produksi Anda sendiri atau hasil produksi orang lain yang Anda stok. Ini adalah cara bisnis online yang paling awal dilakukan di Internet dan paling populer saat ini. Anda bisa menjual produk fisik—seperti buku, laptop, makanan—maupun produk digital—seperti MP3, ringtone, software, ebook.

Cara bisnis online ini biasanya disebut toko online. Konsepnya sama seperti toko konvensional, hanya saja Anda tidak memajang produk Anda di etalase toko melainkan di website yang Anda gunakan sebagai toko.

Menjual jasa

Yang Anda jual di sini adalah keahlian atau keterampilan yang Anda kuasai. Sebagai contoh, jasa penerjemahan, jasa penulisan artikel, jasa pembuatan website, jasa virtual assistant, dan jasa SEO. Semua transaksi ini tidak memerlukan tatap muka langsung antara klien dengan penyedia jasa. Anda bisa saja tinggal di sebuah kota kecil di Papua, di Gowa, atau di Nepal, tapi memiliki klien yang tinggal di kota besar di Amerika, Jepang, atau Jerman.

Menjual website

Seperti sebuah rumah, website merupakan sebuah aset yang memiliki harga tertentu. Seperti juragan tanah di dunia nyata, di dunia bisnis online pun ada orang yang gemar membeli website yang masih berharga rendah untuk dipoles sedemikian rupa agar bernilai jual lebih tinggi.

Baca Juga: Cara Jualan Online Untuk Produk Anda

Bisnis afiliasi

Bisnis afiliasi atau affiliate marketing adalah cara bisnis online dengan mereferensikan produk atau jasa orang lain untuk mendapatkan komisi dari setiap penjualan (Pay Per Sale), dari setiap prospek (Pay Per Lead), atau dari setiap klik (Pay Per Click).

Iklan kontekstual

Pada cara bisnis online ini, Anda membuat website yang berisi konten atau informasi yang menarik sehingga akan dikunjungi oleh banyak visitor. Anda akan memperoleh penghasilan dari iklan dalam bentuk teks, banner, atau video yang relevan dengan konten website Anda. Sebagai contoh, Anda memiliki website yang menampilkan informasi tentang fitness, maka iklan yang tampil di website Anda adalah segala hal yang berhubungan dengan fitness, seperti alat-alat fitness, vitamin dan suplemen, ebook tentang fitness, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *