Lima Keuntungan Melakukan Internet Marketing

Kegiatan promosi atau marketing merupakan salah satu hal yang penting dilakukan untuk memperkenalkan sebuah produk. Dengan melakukan promosi, sebuah produk akan semakin dikenali oleh masyarakat, sehingga peluang keterjualannya semakin tinggi. Tanpa melakukan promosi, sebuah produk akan asing di telinga masyarakat, sehingga masyarakat akan ragu-ragu untuk membelinya, sebab sudah menjadi karakter dari masyarakat umum bahwa mereka cenderung membeli produk yang sudah dikenal. Banyak cara untuk melakukan promosi, dengan media yang beragam pula, mulai dengan menyebar poster, selebaran, iklan di radio dan televisi, hingga promosi door to door. Belakangan ini, terdapat satu model baru cara berpromosi yang semakin diminati oleh produsen atau agen periklanan, yaitu melakukan promosi di internet atau yang lebih dikenal dengan istilah internet marketing. Berikut ini akan diulas mengenai lima keuntungan melakukan promosi di internet.

Baca juga: Bisnis Affiliate Marketing, Review Website Produk yang Menghasilkan Banyak Uang

  1. Beaya Beriklan Lebih Murah

Dibandingkan dengan beriklan di televisi, beriklan di internet beayanya jauh lebih murah. Sebagai perbandingan, beaya beriklan di televisi di jam-jam premier beaya minimal 100 juta rupiah untuk durasi iklan satu menit. Bandingkan dengan ketika beriklan di internet yang beaya beriklan di satu situs populer hanya sekitar 10 juta rupiah untuk durasi posting/ tayang selama sebulan. Dengan beriklan di internet, pihak produsen tentu akan lebih berhemat.

  1. Daya Jangkaunya Luas

Untuk daya jangkau, jangkauan internet tidak kalah dengan jangkauan televisi. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, jumlah pengguna internet semakin meningkat pesat. Mengakses internet pun lebih praktis dibandingkan dengan menonton tayangan televisi. Cukup dengan memanfaatkan telepon genggam dan sinyal, sambungan internet sudah dapat dinikmati.

  1. Penyebarannya Lebih Cepat

Tidak hanya jangkauannya yang luas, keunggulan lain dari internet adalah penyebarannya yang cepat. Apa yang diposting ke internet akan langsung dapat dinikmati oleh jutaan pengguna internet pada saat itu juga. Dengan demikian, melakukan internet marketing sangat efektif untuk meraup pembeli dengan cara instan.

  1. Bentuk Promosinya Beragam

Jika radio hanya bisa menyebarkan iklan dengan bentuk suara, dan televisi hanya bisa menyebarkan iklan dalam bentuk suara dan gambar gerak, internet mampu menyebarkan iklan dengan bentuk promosi yang beragam, mulai dari suara, gambar, hingga video. Pihak pengiklan dapat memanfaatkan beragam bentuk promosi untuk menarik perhatian calon pembeli.

  1. Menyasar Generasi Milenial

Survey menunjukkan bahwa konsumen terbesar dari produk kecantikan, produk fashion, dan produk makanan adalah generasi milenial, yaitu generasi muda yang dibesarkan di era teknologi khususnya internet dan kehidupannya tidak bisa dilepaskan dari internet. Bahkan sebagian besar generasi milenial lebih akrab dengan internet dibandingkan dengan televisi. Hal ini bisa dijadikan sebagai tolak ukur bahwa melakukan internet marketing akan lebih efektif terutama jika produk yang diiklankan tersebut merupakan produk yang digemari generasi muda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *