Macam-macam Bisnis Online Gratis

carajualan.com-bisnis online gratisBisnis online merupakan bisnis yang populer pada saat ini. Selain gratis, bisnis online pun dapat mudah diakses melalui smartphone karena internet bukanlah lagi suatu hal yang sulit untuk ditemukan. Bahkan kita sebagai konsumen pun terkadang tergoda untuk melakukan bisnis online secara gratis.  Nah, bagi Anda yang ingin melakukan bisnis online gratis tapi tidak tahu ingin berbisnis apa, di bawah ini ada beberapa model bisnis yang dijalankan secara online dan gratis yang mungkin cocok untuk Anda lakukan.

  • Jualan produk / jasa secara online

Berjualan secara online merupakan model bisnis online dan gratis yang paling mudah dilakukan. Semua orang pasti paham dengan model bisnis yang satu ini karena sudah banyak orang yang berjualan secara online. Bagi Anda yang sudah memiliki bisnis offline, Anda dapat melakukan promosi produk / jasa bisnis yang Anda miliki secara online melalui situs social media, seperti Facebook, Instagram, Line, Twitter, blog pribadi, maupun situs marketing seperti Tokopedia dan Bukalapak. Bisnis model ini cocok untuk Anda yang butuh penghasilan langsung dan tidak memiliki modal besar atau bahkan tanpa modal sama sekali.

  • Menjadi publisher iklan

Model bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki pendapatan semi-pasif, ingin menjalankan bisnis sampingan yang berpotensi besar, suka menulis, dan tidak sedang butuh penghasilan yang cepat. Pada umumnya, website yang sering digunakan untuk menjadi publisher iklan adalah blog. Langkah pertama yang Anda lakukan adalah membuat website yang menyediakan informasi atau merupakan wadah komunitas, kemudian Anda mengundang orang lain untuk mengunjungi website tersebut. Setelah website populer, Anda dapat mendaftarkan website Anda di Google AdSense. Apabila diterima, Anda akan mendapatkan kode yang kemudian dapat di copy-paste ke website. Iklan pun akan muncul secara otomatis di website.

Baca juga: Tips Bisnis Jualan Online Bagi Pemula

  • Membuat layanan berlangganan

Pernahkah Anda mengunduh software atau aplikasi berbayar? Itu merupakan salah satu model bisnis dengan layanan berlangganan. Jadi, para kustomer membayar rutin bulanan ataupun tahunan pada si pemilik. Contoh lainnya adalah blog dengan konten premium, majalah digital, forum dengan keanggotaan berbayar, dan yang lainnya. Model bisnis ini cocok untuk Anda yang punya atau bisa membuat produk sendiri atau menambahkan nilai tambah bagi produk yang sudah ada.

  • Membangun startup

Startup merupakan perusahaan perintisan, merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi dan masih dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Contoh startup adalah aplikasi gojek. Aplikasi ini merupakan suatu inovasi yang baru dan masih dalam fase pengembangan dan penelitian untuk mem-booking ojek lewat smartphone. Bagi Anda yang suka berinovasi dan menerima tantangan baru, model bisnis yang satu ini sangatlah cocok untuk Anda.

Itulah macam-macam bisnis online gratis yang mungkin cocok untuk Anda lakukan. Jadi, Anda ingin mencoba yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *