Macam-macam Usaha Modal Kecil yang Paling Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Macam-macam Usaha Modal Kecil yang Paling Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi seorang ibu rumah tangga yang memiliki segudang pekerjaan rumah untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga bukanlah halangan untuk mereka tetap bisa memiliki pekerjaan sendiri. Ibu rumah tangga memang tak diwajibkan bekerja namun jika memang kebutuhan lebih besar dibandingkan penghasilan suami, hal tersebut bisa dilakukan untuk tujuan membantu keuangan keluarga. Perkara modal seringkali menjadi masalah apalagi jika gaji suami tidak terlalu besar untuk memulai sebuah usaha baru. Tetapi jangan berkecil hati karena masih banyak usaha modal kecil yang bisa dilakukan ibu rumah tangga di rumah dengan kesempatan untuk lumayan.

Macam-macam Usaha Modal Kecil yang Paling Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Seorang ibu rumah tangga meski terbiasa mengurus rumah namun pastinya juga memiliki kelebihannya masing-masing. Kelebihan itulah yang sebaiknya dimanfaatkan untuk diolah menjadi sebuah usaha baru. Dengan memiliki keahlian tertentu, sudah bisa menjadi modal yang cukup untuk memulai sebuah usaha yang menjanjikan. Apa saja jenis usaha yang bisa Anda lakukan sebagai ibu rumah tangga? Berikut ini beberapa contohnya.

  • Usaha kuliner jajanan pasar.

Dalam sebuah masyarakat pasti diperlukan seseorang yang mahir membuat jajanan pasar untuk pengisi snack ketika ada hajatan. Jika Anda memiliki keahlian tersebut, Anda bisa menggunakannya sebagai usaha. Modal yang diperlukan untuk berbelanja bisa diambil dari uang muka pemesan sehingga Anda tak perlu mengeluarkan uang rumah tangga.

  • Usaha laundry.

Usaha laundry memang menyita waktu namun jika Anda tak memiliki banyak waktu, Anda bisa mengambil sebagian dari usaha tersebut seperti pekerjaan setrika pocokan. Pekerjaan ini termasuk usaha modal kecil bahkan tak perlu modal karena Anda bisa ikut ke usaha laundry yang dimiliki oleh tetangga. Penghasilannya dihitung dari banyaknya pakaian yang berhasil Anda setrika.

  • Warung es dan gorengan.

Membuka warung es, jajanan dan gorengan di kampung bisa menghasilkan penghasilan yang lumayan apalagi jika makanan yang Anda buat terasa enak. Akan lebih menguntungkan lagi jika Anda bertempat tinggal di jalan utama yang dilalui oleh banyak orang saat pulang sekolah atau pulang kerja.

  • Menerima permak pakaian.

Memiliki keahlian menjahit bisa dimanfaatkan untuk membuat permak pakaian. Tak perlu mengambil pekerjaan untuk menjahit baju jadi jika memang terlalu menyita waktu Anda karena jasa permak juga bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan.

Baca Juga Ini Dia Tips dan Trik Merintis Usaha Kecil Hingga Menjadi Sukses

Itulah beberapa contoh usaha ibu rumahan yang bisa dilakukan dengan modal tak terlalu banyak. usaha modal kecil jika dilakukan dengan dasar keahlian dan ketekunan juga bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan apalagi bisa dilakukan sambil tetap menjaga rumah dan anak-anak. Jangan ragu untuk memulai sebuah usaha apalagi jika Anda memiliki sebuah keahlian khusus yang banyak diperlukan di lingkungan tempat tinggal. Tetap semangat dan jangan berhenti mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *