Macam-macam Usaha Sampingan Beternak yang Menguntungkan

Macam-macam Usaha Sampingan Beternak yang Menguntungkan

Memiliki pekerjaan utama bukan menjadi halangan bagi Anda untuk tetap membuka sebuah usaha sendiri yang bisa menambah penghasilan. Selain untuk tujuan tambahan pemasukan, sebuah usaha juga bisa dilakukan dari sebuah hobi yang memiliki prospek bisnis. Salah satu contohnya adalah usaha dari hobi beternak hewan. Usaha sampingan ini jika dilakukan oleh mereka yang memang suka memelihara binatang baik untuk konsumsi maupun peliharaan akan memiliki prospek yang baik karena dilakukan dengan senang hati. Berikut ini adalah contoh-contoh usaha ternak hewan yang memiliki prospek bisnis baik sehingga bisa Anda coba sebagai usaha tambahan selain pekerjaan utama.

Macam-macam Usaha Sampingan Beternak yang Menguntungkan

  • Ternak ayam petelur.

Telur ayam merupakan makanan yang tak akan pernah sepi penggemar. Anda bisa beternak ayam merah dalam skala kecil maupun besar. Dalam skala kecil, karena ayam hampir setiap hari bertelur tanpa perlu dicampur dengan ayam jantan, maka hasilnya bisa Anda gunakan untuk makanan keluarga. Dalam skala besar tentu Anda akan bisa menjadi pedagang telur bahkan memasok ke beberapa penjual telur di pasar.

  • Ternak burung puyuh.

Telur puyuh juga banyak dibutuhkan untuk membuat sate telur puyuh atau sayur sambal goreng yang banyak dibuat di bulan puasa. Meski begitu jumlah peternak burung puyuh masih sangat sedikit sehingga permintaannya selalu kekurangan. Anda bisa mengambil kesempatan ini untuk memulai usaha sampingan ternak burung puyuh dan menjadi pemasok telur di beberapa warung soto. Burung puyuh yang kurang produktif juga bisa diambil dagingnya untuk menjadi lauk yang enak.

  • Ternak burung hias.

Di Indonesia jika dikatakan hewan apa yang paling banyak dipelihara di rumah-rumah, burung hias merupakan salah satu jawaban yang paling banyak muncul. Kaum pria menjadi pengagum setia hewan ini untuk dipelihara dan juga dilatih. Saat ini jenis burung hias yang banyak dicari adalah burung love bird aneka warna. Selain love bird, burung mahal lainnya seperti murai dan beo.

  • Ternak kura-kura mini.

Jenis binatang yang satu ini banyak disukai oleh kalangan menengah keatas terutama jenis kura-kura darat. Harga satu kura sulcata ukuran bayi saja bisa mencapai Rp. 1,5 juta. Waktu untuk mendapatkan anakan kura memang cukup lama namun sesuai dengan hasil yang nantinya didapatkan apalagi biaya perawatannya sangat murah.

Baca Juga Perlu uang tambahan ? coba 5 usaha sampingan tanpa modal bagi karyawan sibuk

Itulah beberapa jenis usaha sampingan beternak hewan yang bisa dilakukan jika Anda memiliki hobi atau minat beternak. Masih banyak jenis hewan lainnya yang bisa Anda jadikan usaha tambahan seperti beternak kucing hias, ulat Hongkong untuk pakan burung, sugar glider, iguana hingga hewan eksotik lain yang saat ini juga banyak dicari oleh para pecinta hewan untuk dipelihara di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *