Membangun Toko Online di Bidang Kuliner, Kenapa Tidak?

carajualan.com-toko onlineSiapa bilang kuliner tidak bisa di online-kan? Dunia kuliner kini merupakan salah satu ladang bisnis yang menjanjikan. Kini beberapa kuliner yang dulunya hanya membuka warung atau toko pinggir jalan beralih menjadi kuliner online. Mereka memanfaatkan medsos dan kecanggihan tekhnologi yang mereka miliki untuk memasarkan produknya di internet. Ada juga warung nasi yang menawarkan menunya dengan  memanfaatkan internet untuk menerima pesanan, dengan waktu yang singkat mereka siap untuk delivery order ke tempat yang dituju. Membuka toko online untuk kuliner tidaklah sulit, caranya sama seperti toko online yang menjual produk lain, hanya bedanya Anda akan mempunyai resiko pada keawetan produk makanan yang Anda jual. Apalagi jika Anda menjual makanan basah yang mudah basi. Belum lagi keamanan dari produk yang Anda jual (mudah pecah atau rusak saat pengiriman). Ketakutan-ketakutan inilah yang sering menghantui para pebisnis kuliner untuk menjual produknya secara online.

Untuk hal ini, pengemasan makanan sangatlah  penting dalam berbisnis. Bagaimana makanan bisa lebih awet dan tahan lama untuk dapat di distribusikan ke konsumen sehingga ketika pengiriman juga aman dan tidak cepat basi di jalan baik itu makanan basah maupun kering.  Kualitas makanan merupakan hal paling penting dalam bisnis kuliner. Baik itu dari produknya sendiri maupun dalam hal pengemasan. Dalam hal pengawetan, makanan merupakan sesuatu yang rentan. Hati-hati dalam memilih makanan, pastikan makanan yang ingin Anda pesan sudah terdaftar pada BPOM dan Dinas Kesehatan terkait. Begitu juga dengan Anda sebagai pelaku bisnis kuliner, jangan segan-segan untuk mendaftarkan produk Anda pada dinas terkait  agar kepercayaan masyarakat pada produk Anda juga terjamin kualitasnya. Ini sangat penting untuk membangun branch produk Anda di mata masyarakat.

Baca juga: Nasi Kucing Peluang Usaha Kuliner yang Menjanjikan

Salah satu faktor penting dalam sebuah produk adalah pengemasan. Pengemasan yang bagus juga akan meningkatkan harga jual dari produk yang Anda miliki. Ada banyak macam cara untuk mengemas produk, bisa menggunakan plastik, botol, cup, kotak karton, aluminium foil , steroform, kaleng, dan berbagai macam jenis pengemasan lainnya. Untuk produk makanan, sesuaikan jenis makanan yang Anda produksi dengan bahan pengemasannya. Jangan sampai salah kemasan, kemasan tidak hanya harus menarik tapi juga harus sesuai dengan isinya. Bahkan akan lebih baik lagi jika kemasan juga bisa berdaya guna yang tidak hanya sebagai pembungkus semata.

Untuk makanan berbumbu basah misalnya, Anda bisa menggunakan kaleng sebagai kemasannya. Karena kaleng bisa membuat isi lebih awet dibandingkan dengan kemasan plastik. Pastinya Anda juga harus menyiapkan dana yang cukup untuk kemasan model ini, tapi jangan kuatir jika Anda mampu untuk memproduksi makanan dalam jumlah banyak maka ongkos produksi untuk pengemasan pun akan sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan memproduksi dalam jumlah sedikit.

Pengemasan dengan menggunakan plastik dengan sistem kedap udara juga cocok untuk makanan sejenis sosis, daging, bakso, dll. Jika bisnis makanan Anda memperhatikan hal ini, pastinya Anda tidak perlu takut lagi produk makanan Anda  basi. Dan toko online kuliner impian Anda pun siap di buka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *