Memilih Situs Online untuk Berbelanja Buku

Bagi para penggemar buku yang hobi membaca tentunya sangatlah membahagiakan ketika menemukan situs online yang menjual beragam buku-buku dari penulis idola. Ada website online yang menjual buku memang menjadi oase bagi orang-orang yang gandrung akan buku namun tidak adanya akses toko buku di kotanya.

Situs online yang menjual buku ini tentunya bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang membeli buku namun jauh dari toko buku. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga website-website yang menjual buku ini, apakah kredibel ataukah tidak. Berikut ini adalah hal-ha yang perlu dijadikan pertimbangan untuk memilih website online yang menjual buku:

baca juga:  Ragam Situs Jual Beli Online Terpercaya

  1. Website Penerbit

Saat ini banyak penerbit, bahkan hampir semua penerbit di Indonesia yang memiliki situs atau website pribadi yang menjual buku-buku yang diterbitkannya. Dengan membeli langsung di website penerbit biasanya akan ada diskon yang cukup tinggi dan tentunya akan lebih hemat.

  1. Testimoni

Perhatikan testimoni dari pelanggan yang pernah membeli buku dari website tersebut. Bagaimana pelayanannya, bagaimana pengiriman bukunya, dan lain sebagainya. Karena dengan memperhatikan testimoni yang ada akan diketahui profesionalitas website atau situs tersebut.

  1. Buku Asli

Apabila melihat testimoni, pastikan juga bahwa website atau situs tersebut hanya menjual buku-buku asli bukan buku bajakan. Buku yang asli selain memiliki kualitas yang bagus, dengan membeli buku asli juga tidak melanggar hukum. Seperti yang telah diketahui bahwa adanya buku bajakan itu melanggar undang-undang sehingga harus dihindari. Apalagi buku bajakan juga memiliki kualitas rendah dimana cover dan isi lebih mudah rusak, kertas yang tipis serta tulisan yang tidak jelas.

  1. Sistem Pembayaran

Apabila memilih website yang menjual buku, pilih sistem pembayaran yang memudahkan pembeli. Misalnya menerima beragam sistem pembayaran, baik itu lewat kartu kredit juga lewat ATM.

  1. Alur Pembelian Jelas

Seringkali ketika membeli sebuah barang secara online, alur pembeliannya tidaklah jelas, sehingga membingungkan pembeli. Sebaiknya pilih situs yang tata cara pembelian barangnya jelas. Akan lebih baik apabila website online tersebut memberikan konfirmasi pembelian via email, sehingga apabila terjadi kesalahan atau ingin komplain, pembeli memiliki bukti pembelian atau konfirmasi yang jelas.

  1. Pilihan Jasa Pengiriman

Pilih website online yang memberikan pilihan jasa pengiriman, sehingga pembeli bisa memilih akan menggunakan jasa pengiriman yang mana. Karena adakalanya jasa pengiriman tertentu lebih cepat sampai di tempat konsumen atau pelanggan, sehingga akan lebih baik jika ada beragam jasa pengiriman yang ditawarkan.

Itulah beragam hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli buku di situs online. Selain harus memperhatikan produk yang dijual, juga harus memperhatikan pelayanan yang diberikan oleh situs tersebut agar tidak membuat kecewa nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *