Mengapa Toko Online Anda Sepi? Bisa Jadi karena 4 Faktor Ini!

Menjalankan toko online bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi masalah finansial karena cocok dijadikan sumber pemasukan tambahan. Kalau memang jodoh malah tidak menutup kemungkinan Anda bisa terbebas dari tekanan finansial berkat bisnis niaga online satu ini. Pasalnya ada banyak sekali penggiat bisnis niaga di internet yang berhasil mencapai tangga kesuksesan, otomatis masalah finansial sudah bukan momok yang menakutkan. Akan tetapi sukses dengan lapak online ternyata bukanlah persoalan yang mudah dijangkau sehingga harus teliti agar penjualan tidak sepi.

Faktor yang Menyebabkan Omzet Rendah

Semua orang tentu menyukai aktifitas belanja online, dan akan menjadi mengherankan apabila lapak yang Anda bangun omsetnya rendah karena sepi transaksi. Usahakan untuk belajar memperbaiki kondisi sebab beberapa faktor ini bisa menyebabkan omzet rendah dan baiknya dihindari:

  • Foto produk kurang menarik,

Foto produk menjadi modal para pedagang online untuk menggaet minat pembeli, agar semakin hari semakin marak di order. Namun kesalahan pelaku bisnis ini adalah kurang memperhatikan kualitas foto yang dihadirkan sehingga kurang membangun kepercayaan. Maka idealnya sajikan foto produk secara menarik sehingga sekali lirik pembeli tertarik untuk memilikinya.

  • Detail produk ternyata berlebihan,

Detail produk tentunya perlu disampaikan ketika menekuni bisnis toko online agar pembeli tidak sekedar meraba dan membeli kucing dalam karung. Sampaikan informasi secara detail namun tetap dalam kadar yang cukup serta pastikan jujur. Sebab kalau Anda berlebihan dalam menyampaikan informasi produk yang ada malah susah mendapatkan kepercayaan pembeli untuk memesannya. Pastikan jujur dan apa adanya, sampaikan informasi secukupnya sebab kalaupun terasa kurang pihak pembeli akan bertanya lewat chatting.

  • Harga yang ditawarkan terlalu mahal,

Harga yang ditawarkan pun baiknya wajib diperhatikan dengan seksama, jangan asal memasang harga tanpa melirik pesaing dengan produk yang sama. Sebagai penjual online maka dipastikan akan menemui pesaing yang menyediakan produk serupa dan tidak menutup kemungkinan dijual lebih murah. Kalau Anda bertahan dengan harga tersebut maka dijamin orderan bukannya semakin ramai malah sebaliknya, maka sajikan harga serupa. Kalau malah rugi baiknya beralih ke tempat kulakan lain sehingga bisa dijual lebih murah namun tetap untung.

  • Kurang ramah dalam melayani pembeli,

Pelayanan yang ramah akan menjaga pelanggan tetap setia belanja di lapak online Anda, maka jangan abaikan kepuasan mereka. Sekalipun diberi pertanyaan sulit yang kadang bisa membuat tekanan darah naik selalu utamakan keramahan. Sebab menjaga keramahan membuat pembeli dengan berbagai karakter akan luluh dan melakukan order di lain kesempatan. Asalkan menjaga sikap dan mengutamakan kepuasan pelanggan maka dijamin tidak sulit meningkatkan omzet penjualan. Sebaliknya kalau sering galak dan kurang komunikatif maka toko online tidak akan berumur panjang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *