Mengenal 4 Strategi Bisnis dalam Perang Harga dengan Kompetitor Bisnis

Mengenal 4 Strategi Bisnis dalam Perang Harga dengan Kompetitor Bisnis

Dalam dunia usaha persaingan bukanlah hal yang baru ataupun aneh bagi para pengusaha. Bahkan akhir-akhir ini bentuk persaingan semakin ketat, bukan hnya bersaing meningkatkan pelayanan kepada konsumen saja. Persaingan lain yang sangat kasat mata adalah berlomba-lomba menawarkan harga yang murah daripada kompetiror. Hal ini membentuk persaingan yang terkadang diluar nalar, kompetisi yang justru dapat memelemahkan brand positioning produk lain dimata konsumen. Seharusnya setiap produsen dapat memberikan kualitas dari produk mereka, bukan saling berupaya memberikan kesan “murahan” atau “gampangan” terhadap produknya. Sebagai produsen, anda dapat memberikan harga yang murah ketimbang yang lain, tapi tetap utamakan kualitas barang anda agar pembeli merasa puas. Untuk itu, berikut 4 strategi bisnis yang jitu dalam menghadapi perang harga di dunia usaha:

Mengenal 4 Strategi Bisnis dalam Perang Harga dengan Kompetitor Bisnis

  1. Kenali Kelebihan dan kekurangan, sebelum anda melakukan tindakan lebih jauh, alangkah baiknya anda harus mempertimbangkan beberapa keunggulan dan kekurangan bisnis anda. Tanamkan dalam diri anda sifat jujur dalam diri anda agar tidak terjadi kesalahan dalam pangsa pasar yang dituju. Cobalah untuk menulis point-point keunggulan anda dan tidak lupa untuk menulis beberapa point tentang kelemahan bisinis. Setelah dilakukan, anda harus fokus terhadap keunggulan dan mulai merancang kamapanye iklan yang dapat menutuo kekurang anda.
  2. Buat Perbedaan Pelayanan, menjadi sebuah toko yang dapat menjadi daya tarik pembeli tidak hanya menawarkan barang dengan harga murah, tapi tingkatkan pelayanan. Ketika anda lebih memikirkan pelayanan yang berbeda dari kompetiter maka anda termasuk orang yang lebih mempertimbangkan jangka panjang, ketimbang menikmati untung sesaat. Perbedaan ini akan menjadikan komsumen dapat secara tahun mengetahui tentang ciri khas pelayanan yang anda berikan kepada mereka. Anda dapat memberikan pelayanan berupa fast repon, lebih ramah dan memperhatikan after sales service.
  3. Tingkatkan Kualitas dan Value, sebagai seorang pengusaha, anda dituntut untuk dapat menghasilkan sebuah produk dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti bahan terbaik, produk yang berkarakter dan lain sebagainya. selain itu, jika anda hanya mementingkan brand image, maka usia usaha anda tidak bakalan lama. Karena anda harus lebih mementingkan value jangka panjang terhadap kualitas. Karena ketika anda lebih mengutamakan kualitas, pembeli bakalan tetap setia dengan produk yang anda tawarkan.
  4. Berikan Voucher atau Diskon,  dalam melakukan hal ini, anda harus dapat membedakan antara voucher  dan diskon. Voucher sendiri adalah sebuah investasi keuntungan yang bakalan anda raih dari pelanggan saat membeli beberapa produk. Sedangkan diskon biasa orang mengenalnya dengan sebuatan potongan harga. Tentu saja dalam memberikan voucher, anda harus memiliki strategi bisnis yang tepat seperti memberikan diskon ketika pembeli membeli produk dan baru bisa digunakan ketika melakukan transaksi selanjutnya.

Baca juga 4 Strategi Jitu Menaikan Penjualan Toko Online

Nah, berikut tadi adalah 4 strategi bisnis dalam perang harga dengan competitor bisnis. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk anda yang sedang membutuhkan saran berkaitan dengan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *