Mengenal Apa Itu Instagram Marketing

Sekarang jamannya media sosial, banyak orang yang menggunakan medsos untuk berbagai keperluan. Ada yang untuk eksistensi, mencari informasi, menambah jaringan pertemanan bahkan dijadikan sarana berbisnis. Salah satunya adalah instagram marketing.

Kelebihan Dan Kekurangan Instagram Sebagai Media Promosi

Saat ini instagram merupakan media soial yang jumlah penggunanya banyak sekali, berdasarkan data pengguna instagram usianya mulai dari 18-34 tahun. Usia tersebut bisa dibilang usia orang konsumtif. Ini artinya membuka peluang bagi para pembisnis untuk mempromosikan atau menjual barang/ jasa.

Ada banyak keunggulan bisnis menggunakan instagram, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Penggunanya banyak
  • Tidak bayar alias gratis
  • Mudah digunakan
  • Bisa melakukan berbagai kegiatan promosi dengan mudah
  • Hanya menggunakan foto
  • Bisa terkoneksi dengan akun media sosial lain

Sama seperti media sosial lainnya, instagram juga memiliki kekurangan. Dengan mengetahui kekurangan diharapkan dapat membantu Anda mencegah hal-hal yang merugikan. Berikut ini kekurangan instagram sebagai media promosi.

    • Harus update secara berkala
    • Spamming
    • Transaksi kurang praktis

  • Persaingan semakin ketat

Poin Penting Menggunakan Instagram Sebagai Media Promosi

Walaupun nampak mudah, ternyata menggunakan instagram sebagai media marketing bukanlah hal yang mudah. Keberhasilan instagram marketing tergantung bagaimana strategi yang dilakukan. Karena perlu Anda ketahui, menggunakan instagram berbeda dengan menggunakan media sosial lainnya. Setiap media sosial memiliki aturannya masing-masing. Jika tidak mengikuti aturannya kegiatan promosi dan pemasaran bisnis yang Anda lakukan menjadi kurang maksimal.

Nah, berikut ini beberapa poin yang harus disiapkan jika akan menggunakan instagram sebagai sarana marketing,

  1. Mengetahui cara menemukan akun instagram yang cocok dijadikan target sasaran.
  2. Mengetahui bagaimana caranya menambah follower dalam waktu singkat. Tapi hindari mencari follower dengan jumlah banyak dengan cara berbeli. Karena pecuma saja memiliki follower yang bukan target pasar alias palsu.
  3. Mengetahui dan mempelajari SEO instagram. SEO menjadi poin penting karena berhubungan dengan bagaimanan pengguna instagram mencari produk atau info. Misalnya: di instagram disediakan kata kunci pencarian atau dikenal dengan istilah hastag(#). Hastag mempengaruhi produk atau bisnis Anda diketahui pengguna. Jadi jangan pernah lupa mencantumkan hastag setiap posting futu yang berhubungan dengan bisnis Anda.
  4. Ciri khas instagram adalah menggunakan foto, jadi pastikan foto produk yang diupload menarik dan jelas. Jangan lupa cantumkan deskripsi atau keterangan produk tersebut.
  5. Jika bisnis menggunakan instagram marketing semakin berkembang tentu akan banyak order, artinya Anda akan kerepotan mengurus semua hal. Solusinya, bisa gunakan aplikasi yang menunjang atau membantu proses berjualan dan berinteraksi di instagram. Misalnya menggunakan aplikasi posting terjadwal, aplikasi auto like, aplikasi auto follow, aplikasi auto comment dll..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *