Mengulas Beberapa Tips Agar Terhindar dari Penipuan Online

Zaman sekarang ini, sangat marak dengan yang namanya belanjaan secara online. Dan dari belanja secara online tersebut tentu juga memiliki resiko yang tidak bisa dihindari, yakni adanya kasus penipuan online. baik itu melalui forum jual beli, dari beberapa forum seperti blackberry messaging, dan juga website khusus untuk toko online atau online shop. Karena kejahatan bisa terjadi kapanpun dan dimanapun, akan ada baiknya agar selalu berhati-hati dalam belanja secara online. agar tidak mengalami kerugian.

Banyaknya kasus penipuan yang sudah banyak terjadi dalam bisnis online, menjadi satu hal yang harus dihadapi sebagai seorang konsumen. Karena akibatnya kita sendiri yang mengalami kerugian. Bahkan terkadang sampai yang sudah transfer, tapi tak kunjung dikirim barangnya. Lebih banyak dalam kasus penipuan secara online adalah mengenai barang yang tidak sesuai dengan pemesanan sebelumnya. Ha itulah yang sangat sulit untuk dipertanggung jawab kan oleh penjualnya.

Untuk bukti dari adanya penipuan tersebut, sudah banyak sekali pengalaman orang-orang disekitar Anda yang sudah mengalami adanya kasus penipuan tersebut. Dengan begitu, akan menjadi pelajaran untuk kita sendiri agar lebih hati-hati dalam belanja secara online. harus benar-benar dicermati caranya agar tidak mudah terkena penipuan belanja secara online.

Berikut ini adalah beberapa tips agar terhindar dari penipuan online:

  • Alamat penjual. Untuk penjual yang penipu, biasanya tidak mau mencantumkan alamat rumahnya ataupun tempat usahanya. Oleh karena itu, sebaiknya dipastikan bahwa Anda mengetahui alamat dari penjual tersebut.
  • Jangan memberi DP yang besar. Dalam memberikan DP pada penjual, cukup sedikit saja. Jangan sampai langsung setengah hara dari produk tersebut. Apalagi lebih banyak dari itu. Agar terhindar dari adanya penipuan.
  • Cek nomor telepon penjual. Setelah mengecek alamatnya, sebaiknya catat nomor yang bisa dihubungi milik penjual tersebut. Agar mudah dalam berkomunikasi.
  • Komunikasi via telephone. Sebaiknya jangan berkomunikasi via sms. Lebih aman lewat telephone agar benar-benar tertuju pada penjualnya.
  • Waspada terhadap penjual baru. Sebaiknya membeli produk secara online pada agen yang sudah lama beroperasi. Agar terjamin kepercayaannya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar tidak terkena penipuan online. ada beberapa lagi yang mungkin bisa lebih diperhatikan lagi dalam belanja secara online, yaitu mengenai harganya. Anda harus mengetahui harga umumnya di pasaran. Agar tidak terkena harga yang mahal saat membelinya tersebut. Kadang ada yang terlalu murah, kadang juga ada yang terlalu besar. Maka dari itu, perlu adanya kejelian dalam memilihnya. Atau misalkan ingin mendapatkan barang secara langsung, bisa langsung COD dengan penjualnya. Dengan begitu, akan mudah terhindar dari adanya kasus penipuan secara online tersebut. Lebih baik berhati-hati daripada harus mengalami kerugian dalam belanja Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *