Menyulap Sampah Menjadi Peluang Usaha yang Menjanjikan

carajualan.com-peluang usahaBagi sebagian orang polutan yang satu ini merupakan sisa-sisa dari makanan, limbah atau benda yang sudah tidak dibutuhkan lagi yang sering dipandang sebelah mata karena menjijikan dan baunya yang sering mengganggu lingkungan, selain itu juga sebagai sarang dari berbagai macam penyakit. Tapi tahukah Anda? Ternyata di beberapa negara maju, pengelolaan sampah sangat diperhatikan, bahkan ada negara yang membangun perusahaan sampah, dimana perusahaan ini mengolah sampah sedemikian rupa sehingga berdaya guna. Nah, untuk artikel kali ini akan kami ulas sedikit bagaimana cara pengolahan sampah sehingga sesuatu yang menjijikkan ini bisa lebih berdaya guna dan bisa menjadi peluang usaha bagi Anda.

Seperti yang sudah kita ketahui, menurut jenisnya, sampah dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

  • Sampah organik

Atau bisa kita sebut dengan sampah basah. Contoh : sampah dapur, daun, atau bisa juga kotoran dari hewan. Untuk pengolahan sampah organik bisa kita sulap untuk :

  • Pupuk organik.

Kita bisa memanfaatkan sampah organic sebagai media tanam atau pupuk. Dari kotoran hewan misalnya, bisa kita olah sebagai kompos (pupuk kandang) atau dari sampah dapur yang sudah kita olah juga bisa dibuat pupuk sederhana.

  • Sebagai pakan ternak

Jika Anda mempunyai sisa makanan dari konsumsi sehari-hari, jangan dibuang. Anda bisa memanfaatkannya sebagai pakan ternak. Misalnya dari bekas sayuran, nasi sisa, ikan atau ayam bisa Anda campur dengan dedak sebagai pakan ternak.

  • Kerajinan Tangan

Bagaimana sampah organik bisa diolah menjadi kerajinan tangan? Contohnya adalah kulit jagung, daun pandan, batang pohon pisang, batok kelapa, bisa Anda manfaatkan untuk membuat pernak pernik yang menarik, tas, sandal, atau hiasan-hiasan lainnya. Bahkan serat tanaman, kulit kayu juga bisa digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan kain. Seperti yang kita ketahui bahwa kerajinan tangan merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Apalagi jika mampu masuk pasaran dunia.

Baca juga: Anda Tidak Punya Modal Untuk Berbisnis? Cobalah Peluang Usaha Ini

  • Sampah anorganik

Sampah jenis ini sangat sulit untuk diuraikan. Contohnya adalah logam, plastik, kertas, dan lain-lain. Untuk pemanfaatannya bisa untuk :

  • Kerajinan tangan yang unik dan menarik

Banyak sekarang bermunculan produk-produk unik yang dihasilkan dari sampah anorganik, mungkin Anda pernah melihat ada tas atau dompet yang terbuat dari bungkus kopi, bungkus permen, dll. Begitu juga dengan kaleng-kaleng bekas, Anda bisa menyulapnya sebagai tempat pensil, celengan, dan wadah-wadah unik lainnya yang bisa Anda padukan dengan ornament lain dari sampah organik. Bagi Anda yang punya kreatifitas tinggi bisa mencobanya.

  • Sumber listrik

Ternyata sampah ini bisa dijadikan sebagai sumber listrik alternatif dengan mengolahnya sehingga dapat menghasilkan gas metana yang dapat dijadikan sebagai pembangkit listrik.

Semoga dari beberapa cara diatas dapat menjadi peluang usaha bagi Anda. Jangan pernah takut dan malu untuk memanfaatkan sampah disekitar kita. Dengan mengolah sampah Anda juga berperan dalam mengatasi lingkungan yang tak terkendali di negeri ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *