Mindset: Modal Paling Penting Dalam Bisnis Internet

cara jualanMindset atau pola pikir yang benar adalah aspek paling penting dalam membangun sebuah bisnis Internet yang sukses. Begitu banyak orang gagal dalam bisnis ini karena mereka tidak mengerti cara berpikir yang benar dari seorang Internet entrepreneur yang sukses.

Dari 100% orang yang terjun ke dalam bisnis Internet, mungkin hanya 10% saja yang bisa berhasil dan 90% sisanya gagal. Mereka yang gagal hanya berpikir bahwa bisnis ini hanyalah tentang menguasai hal-hal teknis seperti web hosting, MySQL, PHP, dan sebagainya. Mereka lupa bahwa membangun bisnis Internet sama seperti membangun sebuah bisnis konvensional. Banyak aspek bisnis yang harus dikuasai, dan cara cepat untuk menguasainya adalah dengan meniru mindset pebisnis yang sudah sukses.

1. Ketahui alasan kuat untuk membangun bisnis

Mengetahui alasan untuk mencapai sesuatu itu lebih penting daripada mengetahui cara untuk mencapai sesuatu. Ketika Anda sudah menemukan alasan yang kuat untuk membangun bisnis Internet yang sukses, maka Anda akan menemukan cara untuk mencapainya. Ketika sudah dikondisikan dengan alasan yang kuat, pikiran Anda akan seperti rudal yang sudah dibidikkan ke koordinat tertentu dan tidak akan bisa dihentikan oleh halangan apa pun.

Jadi, tanyakan pada diri Anda, “Mengapa saya ingin sukses dalam bisnis Internet?”

2. Fokus pada satu model bisnis

Biasanya saat mulai, Anda merasa belum tahu apa-apa sehingga perlu belajar banyak hal. Anda melihat seseorang sukses di satu model bisnis, lalu Anda mencobanya, tapi Anda gagal. Kemudian Anda melihat lagi seseorang sukses dengan cepat di model bisnis lain, lalu Anda pun pindah haluan. Begitu terus, sampai Anda merasa frustrasi.

Tidak fokus adalah salah satu penyebab kegagalan bagi banyak orang yang terjun ke dalam bisnis Internet. Ibarat melakukan perjalanan, selama Anda seperti itu, Anda tidak akan pernah sampai ke tujuan Anda karena Anda tidak pernah menentukan ‘kota tujuan’ Anda.

3. Lakukan delegasi

Dalam sebuah perusahaan, Anda tidak akan menemukan pemilik yang merangkap banyak sekali jabatan, seperti customer service, sales, produksi, resepsionis, dan office boy. Demikian halnya dalam bisnis Internet. Jika ingin sukses, Anda tidak boleh melakukan berbagai tugas sendirian. Jika Anda kuat dalam bidang desain, lakukan hal-hal yang berkaitan dengan desain saja. Jangan berusaha melakukan hal-hal yang bersifat teknis atau lainnya. Serahkan tugas itu pada orang lain yang lebih kompeten.

4.

Konsisten dan Pantang Mundur

Konsisten berarti Anda harus rutin mengalokasikan waktu untuk membangun bisnis Anda. Jangan sampai  hari ini menggarapnya seharian, tapi baru dilanjutkan lagi minggu depan. Lebih baik satu jam, tapi tiap hari. Sikap pantang mundur jelas harus Anda miliki karena Anda pasti akan menghadapi berbagai halangan dan kegagalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *