Pahami Macam Macam Promosi Usaha

Pahami Macam – macam Promosi Usaha

Promosi adalah menawarkan produk atau jasa kepada calon konsumen.dengan tujuan meraka membeli atau menggunakannya. Promosi usaha juga merupakan alat komunikasi yang di gunakan para pengusaha untuk memasarkan atau menginformasikan tentang produknya.  Informasi ini bisa berupa verbal atau visual.

Banyak para pengusaha berlomba – lomba mengadakan promosi untuk memasarkan barang nya.  Dengan tujuan mempengaruhi pembeli untuk membeli atau menggunakan barang yang di tawarkan.  Pada zaman yang modern ini apabila anda hanya menunggu pembeli datang kondisi ini pasti tentu tidak baik, tentu hal ini tidak baik karena dapat menyebabkan kebangkrutan.

Pahami Macam Macam Promosi Usaha

Seorang pengusaha pasti  mempunyai langkah – langkah untuk menjual hasil produknya supaya bisa sampai pada konsumen. Adapun macam macam promosi usaha yang biasanya di gunakan oleh para pengusaha besar  antara lain :

  • Periklanan

Periklanan ini bersifat umum dan bukan pribadi, dari jasa, barang, dan ide. Periklanan ini bertujuan untuk meningkatkan permintaan atas suatu barang. Periklanan  ini mempunyai sifat non personal , dimana ini berarti bahwa iklan ini di tujukan untuk konsumen dengan menggunakan media sehingga promotor tidak dapat ber interaksi langsung dengan konsumen. Periklanan ini menunjukkan adanya sponsor dan memerlukan biaya. Iklan juga bisa di adakan di media luar ruangan , sehingga konsumen dapat melihat produk yang di tawarkan.

  • Penjualan oleh perseorangan  ( personal selling )

Promosi usaha yang satu  ini dengan cara lisan dalam bentuk percakapan dengan satu orang atau lebih yang bermaksud mengadakan pemasaran. Ini  juga di lakukan antara penjual dan pembeli, sehingga terjadi sebuah penawaran. Dimana promosi ini secara langsung datang ke konsumen,oleh seorang salesman. Karena adanya kontak langsung maka terjadilah komunikasi dua arah.

  • Sales promotion

Sales promotion adalah suatu bentuk promosi yang di lakukan untuk menumbuhkan minat pembelian barang perusahaan. Alat alat yang di gunakan dalam sales promotion adalah : sampel, kupon atau voucher, premi , paket harga, undian, kontes. Contoh media promosi antara lain : jejaring social, blog, televisi, radio, billboard, banner, spanduk, baliho dsb.

  • Publicity

Promosi usaha yang ini merupakan pendekatan langsung kepada konsumen sehingga produk yang di tawarkan lebih di kenal oleh masyarakat. Contohnya seperti publisitas produk, bimbingan kepada masyarakat, dan jumpa pers. Publicity ini sifatnya komersial dimana penyajiannya melalaui televisi, radio.

Baca juga artikel menarik lainnya di carajualan.com 

Semua usahawan pasti menginginkan sebuah kesuksesan dalam membangun bisnis atau usaha mereka. Kesuksesan terbesarnya adalah ketika mereka mampu menjual produknya secara besar besaran atau dalam jumlah banyak. Maka yang harus mereka lakukan adalah dengan cara promosi usaha.  Di atas telah di bahas macam macam promosi usaha semoga bermanfaat bagi anda semua yang ingin menjadi pelaku usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *