PAM, Perusahaan Penyedia Air Bersih Bagi Masyarakat Indonesia

PAM, Perusahaan Penyedia Air Bersih Bagi Masyarakat Indonesia

Air merupakan sumber kehidupan utama dalam kehidupan manusia, oleh karena itulah sangatlah wajar jika di Indonesia sendiri pengelolaan air dan kekayaan bumi yang terdapat didalamnya akan dikelola secara penuh oleh negara, untuk kemudian dipergunakan secara adil dan merata bagi kesejahteraan hidup masyarakat didalamnya. Untuk pengelolaan air bersih dan sistem pendistribusian air di wilayah Indonesia sendiri, Pemerintah secara resmi telah menunjuk perusahaan milik negara yang berlabel PAM untuk dapat menyediakan dan mendistribusikan air bersih kepada masyarakat Indonesia secara menyeluruh. Perusahaan air minum milik negara ini sendiri, membagi kegiatan kerja mereka berdasarkan sektor wilayah pendistribusian air, yang nantinya untuk pengelolaannya akan diserahkan kepada perusahaan air daerah.

Bagi masyarakat Indonesia yang memang ingin menikmati distribusi dan penyediaan air dari perusahaan khusus air minum ini, mereka haruslah terlebih dahulu mendaftarkan diri mereka sebagai pengguna dan pelanggan air bersih dari perusahaan tersebut. Setelah terdaftar dengan baik, nantinya perusahaan akan menyalurkan air bersih kepada masyarakat, sesuai dengan data yang diberikan, dengan catatan bahwa masyarakat diwajibkan untuk melakukan pembayaran atas penggunaan air setiap periodenya, sesuai dengan volume yang mereka gunakan. Pembayaran atas penggunaan air ini, nantinya akan dibebankan setiap bulannya dalam bentuk tagihan air bulanan.

Untuk dapat melakukan pembayaran atas tagihan penggunaan air tersebut, masyarakat dapat melakukan beberapa metode pembayaran yang memang disediakan oleh PAM, untuk memudahkan sistem pembayaran tagihan atas penggunaan air yang mereka sediakan. Adapun beberapa metode pembayaran yang dapat dipilih oleh para pelanggan air bersih, antara lain adalah:

• Pembayaran langsung pada loket pembayaran air yang dapat Anda temukan diberbagai kantor pemerintahan, terutama kecamatan ataupun kantor pengelola air itu sendiri.
• Pembayaran melalui kantor pos, sistem ini merupakan salah satu sistem online yang disediakan oleh perusahaan air minum, untuk mempermudah para pelanggannya dalam melakukan pembayaran tagihan atas penggunaan air didalam rumah mereka.
• Selain kantor pos, minimarket juga menjadi tempat yang dapat Anda pilih, dalam melakukan pembayaran tagihan atas penggunaan air didalam rumah Anda. Hampir semua minimarket yang ada di Indonesia, kini telah memiliki sistem kerjasama untuk dapat menerima pembayaran tagihan air bersih.

Selain cara tersebut, Anda juga dapat menggunakan jasa berbagai perbankan yang memang bekerjasama dengan perusahaan air dalam menyediakan fasilitas pembayaran atas penggunaan air. Sistem pembayaran melalui mobile banking, mesin ATM bahkan auto debet dapat Anda pilih untuk mempermudah dan mendisiplinkan Anda dalam melakukan pembayaran tagihan listrik. Jika Anda memilih sistem auto debet, maka yang harus Anda lakukan adalah mendatangi kantor cabang terdekat dari bank yang memang memiliki sistem kerjasama dengan perusahaan air, dan meminta petugas bank untuk mendaftarkan nomor rekening air Anda dalam program auto debet yang mereka miliki.

Sistem pembayaran lain yang lebih mudah dan memungkinkan Anda untuk dapat melakukan pembayaran atas penggunaan air dalam rumah Anda tanpa meninggalkan dan beranjak dari tempat Anda berada saat ini adalah sistem pembayaran melalui situs belanja online terpercaya, yang aplikasinya telah Anda miliki dan instal pada smartphone yang Anda miliki, sehingga akan lebih mempermudah Anda.

Pembayaran tagihan atas penggunaan air PAM dalam rumah Anda, yang dilakukan melalui situs belanja online, selain akan memberikan kemudahan, keuntungan pun mungkin saja Anda dapatkan, karena beberapa situs belanja online, juga menyediakan sistem cashback atas pembayaran berbagai tagihan yang dilakukan oleh para pengguna aplikasi, dengan besaran yang disesuaikan dengan jumlah pembayaran tagihan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *