Panduan Mengelola Situs Bisnis Agar Menguntungkan

Saat ini, media-media mainstream di tanah air ramai-ramai beralih ke media online atau setidaknya membuat situs online untuk menjaring pembaca yang lebih banyak. Media cetak sudah memasuki senjakala dan mulai ditinggalkan oleh peminatnya. Sebaliknya, seiring dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna internet di tanah air dan semakin mudahnya masyarakat dalam mengakses internet, keberadaan website atau situ informasi semakin dibutuhkan. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh berbagai surat kabar atau media informasi untuk menjaring pembaca sekaligus keuntungan. Sebagaimana media cetak yang mendapatkan keuntungan dari segi iklan, media online juga dapat memperoleh keuntungan dari iklan. Salah satu tema situs yang cukup potensial meraup pemasukan dari iklan di internet adalah situs usaha bisnis. Berikut ini akan dibahas mengenai panduan mengelola situs bisnis agar menarik minat pembaca dan menguntungkan dari segi pendapatan.

Tampilan Situs yang Menarik

Tampilan situs merupakan hal yang paling utama untuk menarik minat pembaca online. Sebagus apapun konten yang ditawarkan sebuah situs, pembaca akan bosan dan merasa tidak nyaman jika tampilan situsnya kurang menarik atau membuat pembaca kesulitan. Oleh sebab itu, buatlah tampilan situs semenarik mungkin dan nyaman untuk dinikmati konten ataupun informasi di dalamnya. Tampilan situs meliputi background, pemilihan font, ukuran font, hingga tata letak dan pewarnaan.

Rubrik-rubrik yang Potensial

Salah satu daya tawar situs bisnis adalah rubrik atau kontennya. Umumnya, pembaca online akan mencari informasi mengenai berita bisnis terkini, sehingga keberadaan rubrik tersebut merupakan keniscayaan. Selain kabar bisnis terkini, rubrik yang potensial untuk menggaet banyak pembaca adalah tips-tips berbisnis untuk pemula yang diasuh atau diampu oleh pebisnis yang sudah berhasil menjalankan bisnisnya. Adapun rubrik lain yang juga tidak kalah diminati oleh pembaca adalah wawancara dengan para pebisnis terkemuka, terutama mengenai pengalamannya terjun di bidang bisnis. Umumnya, pembaca ingin mencari inspirasi dan mencuri ilmu dari para pebisnis yang sudah sukses.

Mereview Produk

Menjaring pembaca atau pengunjung memang perlu dilakukan untuk mengembangkan situs usaha atau bisnis. Namun yang tidak kalah penting, segi pemasukan juga harus tetap dipertimbangkan, agar pekerjaan mengelola situs atau website bisnis tidak sia-sia atau hanya buang-buang waktu. Salah satu cara yang paling mudah untuk mendapatkan penghasilan atau pemasukan dari situs adalah dengan mereview produk bisnis terbaru. Misalnya, memperkenalkan perusahaan yang baru dirilis, atau mengulas produk yang baru diterbitkan. Untuk hal ini, pengelola situs harus berani menjalin kerja sama dan menawarkan publikasi dengan mereview produk.

Jika kualitas konten terjaga dan jumlah pengunjung situs semakin besar, maka kemungkinan orang atau perusahaan beriklan di situs bisnis tersebut akan semakin tinggi. Oleh sebab itu, menjaga kualitas konten dan memperluas jaringan perlu dilakukan agar pekerjaan mengelola situs tidak menjadi sia-sia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *