Peluang Bisnis Bidang Peternakan Sumber Pangan yang Tak Ada Matinya

Usaha di bidang peternakan menjadi salah satu bidang bisnis yang banyak dipertimbangkan oleh masyarakat desa. Meskipun terlihat tidak keren, namun jangan khawatir karena jumlah keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggeluti bidang usaha ini sangat tinggi. Mengingat Anda tentunya sudah tak asing lagi bahwa sumber pangan di bidang ternak, menjadi komoditi yang tak ada matinya, salah satu kebutuhan hidup bagi manusia. Jadi tak heran jika peluang bisnis ini juga sangat menjanjikan.

Mereka yang terjun ke bisnis ternak selalu beranggapan bahwa peternakan itu butuh kesabaran karena membutuhkan waktu yang lama. Tapi coba dipikirkan lagi jangka waktu pemeliharaan dibandingkan dengan keuntungan yang didapatkan, tentunya sangat tinggi. Bukan masalah besar ketika harus menunggu lama, jika keuntungan yang didapatkan juga setimpal. Ada banyak jenis hewan yang bisa dibudidayakan, memiliki prospek yang juga sangat cerah.

Diantara peluang bisnis di bidang peternakan yang cukup menjanjikan, karena memang dibutuhkan oleh setiap orang adalah:

Baca juga: Peluang Bisnis Kuliner Laris Tahun 2017

  1. Ternak ayam potong, sumber pangan hewan yang paling tinggi konsumsinya, dibandingkan dengan bahan pangan yang lain. Ayam ini juga menjadi salah satu kebutuhan utama bagi rumah makan di Indonesia, karena mayoritas akan menjual menu ayam. Sehingga tak heran jika tingkat peruntungannya juga sangat tinggi. Hanya saja kesabaran memang benar-benar dibutuhkan dalam mengelola ternak ayam.
  2. Ternak ikan lele, ikan lele merupakan jenis ikan air tawar yang terbilang cukup populer, tak hanya enak, melainkan ia juga kaya akan berbagai macam nilai gizi. Budidaya ikan lele membutuhkan biaya atau modal yang tak sedikit, namun sebanding dengan keuntungannya. Karena sangat banyak diantara rumah makan besar atau bahkan pinggiran jalan yang membutuhkan supply rutin untuk ikan lele.
  3. Ternak bebek petelur, selain ayam maka telur bebek juga menjadi sumber bahan makanan yang sangat digemari oleh masyarakat, diolah sebagai telur asin bisa, atau dijual dalam bentuk menahan biasa lebih tahan lama dibandingkan dengan telur ayam, harga jualnya juga jauh lebih tinggi.
  4. Ternak burung puyuh, selain telur ayam dan juga telur bebek, maka salah satu telur yang juga digemari masyarakat Indonesia adalah telur puyuh, ukurannya yang kecil dengan rasa yang nikmat menjadi alasannya, ternak hewan penghasil telur puyuh ini membutuhkan model yang lebih kecil dibandingkan dengan yang lainnya.
  5. Ternak kambing, modal awal yang dibutuhkan memang tinggi, namun sejalan dengan keuntungan yang diberikan, apalagi ketika sudah memasuki musim qurban seperti sekarang ini.

Jadi bagaimana, tertarik untuk mencoba salah satunya? Peluang bisnis yang menjanjikan di bidang peternakan ini tak ada matinya, bahkan setiap tahun jumlah kebutuhannya akan semakin meningkat, sehingga harga jual juga kian naik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *