Peluang Bisnis Internet untuk Penulis

Salah satu kemampuan yang dimiliki seseorang adalah di bidang tulis menulis, bagi orang yang memiliki kemampuan ini dan ingin menambah penghasilan lewat bisa dengan melakukan bisnis internet berikut ini:

  1. Penulis Lepas

Bisnis internet pertama yang bisa dijalani seorang penulis adalah dengan menjadi penulis lepas. Untuk penulis lepas biasanya menulis konten artikel untuk website suatu perusahaan atau portal internet. Untuk fee yang dibayarkan sendiri biasanya dihitung per kata tergantung panjang pendeknya artikel yang ditulis dan tentunya disesuaikan dengan kesepakatan bersama website atau perusahaan yang memesan tulisan.   

  1. Reviewer Produk

Bisnis selanjutnya yang menghasilkan untuk para penulis di dunia internet adalah dengan menjadi reviewer produk. Ada banyak barang yang bisa review, seperti kosmetik, baju, gadget, dan lain sebagainya. Biasanya peulis akan dikirim barang secara gratis untuk kemudian direview kelebihan dan kekurangannya. Untuk feenya sendiri biasanya tergantung kesepakatan, apakah fee berupa produk yang direview, atau apakah akan ada fee tambahan berupa uang. Suatu perusahaan biasanya akan rajin menjalin kerjasama dengan reviewer produk apabila hasil reviewnya memang  memuaskan, terutama bisa membuat produk lebih dikenal dan meningkatkan omzet penjualan produk.

  1. Blogger

Menjadi Blogger saat ini memang menjadi salah satu mata pencaharian yang layak untuk dilakukan, apabila ingin menjadi blogger yang serius dan profesional, sebaiknya menggunakan domain pribadi seperti .com, selain itu blogger juga harus memiliki spesifikasi tulisan yang khusus, seperti tulisan blog tentang kosmetik dan kecantikan, atau tentang parenting, atau bisa juga yang saat ini sedang menjadi tren adalah travelling. Apabila isi tulisan bagus, tentunya akan banyak orang yang membaca dan ini bisa membuat kunjungan ke halaman blog semakin meningkat sehingga akan banyak orang yang beriklan di halaman blog.

Baca juga: Peluang Bisnis Online untuk Mahasiswa

  1. Penerjemah Online

Apabila penulis memiliki kelebihan atau kemampuan lain, salah satunya adalah mahir berbahasa asing, hal ini tentunya tak boleh disia-siakan. Maksimalkan potensi dengan menjadi penerjemah online. Orang yang mahir menulis tentunya akan bisa menerjemahkan kalimat dengan lebih bagus dan luwes. Jasa penerjemah online ini bisa diiklankan melalui media sosial atau melalui portal lowongan pekerjaan, sehingga akan banyak orang yang tahu dan menggunakan saja penulis sebagai penerjemah online.

  1. Buzzer

Penulis juga memiliki kesempatan untuk menjadi buzzer, apalagi biasanya penulis memiliki kemampuan untuk membuat kalimat-kalimat persuasif yang bisa menarik perhatian orang yang membacanya. Bisnis sebagai buzzer ini sangatlah menggiurkan, bahkan bagi buzzer yang sudah profesional, untuk ranah twitter saja bisa mendapatkan bayaran hingga Rp 1 juta / tweet.

Itulah beragam peluang bisnis internet yang bisa dilakukan oleh penulis untuk menghasilkan uang tambahan selain menulis offline berupa buku atau artikel di media masa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *