Peluang Bisnis Online untuk Mahasiswa

Gerakan wirausaha muda di Indonesia memang semakin berkembang, hal ini pula yang membuat banyak mahasiswa berbondong-bondong ikut menjajal berbagai peluang bisnis. Banyak alasan yang membuat mahasiswa mencari peluang bisnis, dari sekadar coba-coba, ada pula yang ingin menambah uang saku atau untuk membayar biaya kuliah, namun ada pula yang memang ingin serius menekuni bisnis. Salah satu bidang yang bisa dijajal oleh mahasiswa adalah bisnis online.

Mahasiswa yang tentunya sudah akrab dengan teknologi informasi pasti peluang bisnis online ini akan semakin terbuka dan semakin mudah untuk dijalankan. Ada beberapa bisnis berbasis online yang bisa dijalankan oleh mahasiswa, yaitu sebagai berikut:

  1. Online Shop

Peluang bisnis ini adalah yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa, yaitu membuka toko online atau online shop. Ada banyak barang yang bisa menjadi pilihan mahasiswa untuk dijual, dari yang berupa fashion seperti baju, celana, jilbab, aksesori, jaket, kaos dan lain sebagainya. Bisa juga membuka toko online untuk barang-barang custom seperti aksesoris handphone yang desainnya bisa dipesan. Untuk modal online shop ini terbilang minim, karena bisa dengan menjadi reseller yang mana tentunya sangat cocok untuk bisnis mahasiswa.

  1. Jasa Desain

Bagi mahasiswa jurusan desain grafis, atau mahasiswa jurusan lainnya yang belajar desain secara otodidak dan sudah mahir, salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan adalah dengan membuka jasa desain. Seperti jasa desain kaos, desain website, desain blog, dan beragam jenis desain lainnya. Jasa desain ini bisa dipasarkan secara online, seperti lewat instagram dengan mengunggah contoh-contoh desain yang pernah dibuat, selain mendapatkan pelanggan, desain yang dibuat juga bisa menjadi portofolio ketika kelak ingin melamar pekerjaan.

  1. Menjadi Blogger

Memiliki halaman blog yang aktif? Tak ada salahnya untuk menjadi seorang blogger. Saat ini blogger juga bisa menjadi profesi yang dapat menghasilkan uang dari tulisan-tulisan yang diunggah di blog. Uang yang didapat dari blog ini bisa berasal dari review produk, atau dari iklan-iklan yang dipajang di blog.  

  1. Penulis Lepas

Memiliki kemampuan dalam bidang tulis-menulis? Peluang yang bisa diambil oleh mahasiswa adalah dengan menjadi seorang penulis lepas atau freelance writer. Tulisan yang dibuat bisa berupa sebuah konten artikel yang nantinya dijual ke agen atau perusahaan secara online. Untuk harga, rentang waktu pengerjaan, dan hal-hal lainnya disesuaikan dengan kesepakatan dengan agen atau perusahaan.

  1. Buzzer

Hobi bermain media sosial? Maka bisa mengambil peluang bisnis sebagai buzzer. Buzzer ini memiliki tugas untuk meng-share sesuatu yang menarik dan dibayar. Biasanya yang suatu perusahaan yang memiliki produk baru akan membayar buzzer untuk mempromosikan atau memperkenalkan produknya.

Itulah peluang bisnis online yang bisa dijalani oleh mahasiswa untuk mendapatkan uang. Apabila telaten dan ulet, bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan hingga jutaan rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *