Perhatikan Tips Berikut Sebelum Melakukan Jual Beli Tanah

Perhatikan Tips Berikut Sebelum Melakukan Jual Beli Tanah

Jual beli tanah saat ini bisa dijadikan sebagai bisnis yang cukup menggiurkan mengingat harga tanah dipastikan tidak akan mengalami penurunan. Hal ini tentu dirasa sangat wajar karena pertumbuhan manusia setiap tahunnya akan meningkat sedangkan tanah atau alam justru akan semakin berkurang.

Perhatikan Tips Berikut Sebelum Melakukan Jual Beli Tanah

Banyaknya peminat inilah yang lantas justru membuat proses jual beli terkadang mengalami permasalahan hilangnya tingkat kepercayaan dari penjual maupun dari pembeli. Hal ini tentu dirasa wajar lantaran tidak sedikit kasus penipuan yang menjadikan tanah sebagai objek kejadian.

Lantas bagaimanakah langkah terbaik atau adakah tips-tips yang perlu diperhatikan untuk menghindarkan kita dari hal hal yang tidak diinginkan tersebut? untuk megatasi hal tersebut maka simaklah beberapa tips yang akan disampaikan dibawah ini :

  • Pastikan kondisi dan lokasi tanah

Pada saat akan melakukan proses jual beli tanah maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek dan memastikan kondisi serta lokasi tanah yang akan dijadikan sebagai objek penjualan. Pastikan kondisi tanah sesuai dengan penjelasan yang telah diberikan dan juga lokasinya memang memiliki nilai jual yang dalam artian lokasi berada di tempat yang strategis. Sudah memiliki akses yang baik atau belum untuk menempuhnya, dekat dengan pusat perbelanjaan atau fasilitas umum juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebelum membelinya.

  • Luas tanah

Jika ingin berinvestasi dalam bisnis tanah maka sesuaikan luas tanah dengan kemampuan yang dimiliki. Kecuali anda adalah seorang developer properti yang memang membutuhkan luas tanah yang tidak sedikit. Tentukan saja apakah luas yang dimiliki sudah ideal untuk dijadikan sebagai tempat tinggal yang layak. Ini tentu akan menjadi point utama yang bisa digunakan sebagai pendongkrak pada saat ingin menjualnya kembali.

  • Perhatikan biaya

Permasalahan jual beli tanah tidak cukup pada luas tananhnya saja tetapi juga pada biaya administrasi,pajak, dan juga lain hal yang juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. Untuk itu maka kalian perlu memperhatikan detail-detail kecil yang mungkin juga membutuhkan perencanaan yang matang dalam proses perpindahan nama pemilik.

Baca juga: Tips Sukses Menjalankan Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

  • Tidak liquid

Maksudnya disini adalah tanah merupakan investasi yang tidak bisa diuangkan dalam waktu yang cepat pada saat membutuhkan jadi jangan buat tanah menjadi dana darurat melainkan investasi hangka panjang.

  • Bebas sengketa

Ini sangat penting untuk diperhatikan yaitu memastikan bahwa tanah yang akan dijual belikan harus terbebas dari sengketa yang bisa berupa sengketa warisan, jaminan bank, ataupun dokumen yang tidak lengkap.

Itulah daftar tips yang bisa diperhatikan sebelum melakukan kegiatan jual beli tanah, mengingat harganya yang tidak sedikit maka diperlukan ketelitian dan pertimbangan yang matang pada saat berinvestasi dibidang ini. Semoga informasi ini bisa memiliki manfaat yang positif bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *