Perkembangan Bisnis Internet di Indonesia

Tak bisa dipungkiri bahwa bisnis internet di Indonesia saat ini kian berkembang. Jika membuka internet saja, kini sudah banyak berseliweran para pedagang online dengan beragam barang yang ditawarkan. Baik itu yang menjadikan bisnis online sebagai mata pencarian utama atau hanya mata pencarian sampingan saja.

Bisnis internet ini semakin berkembang dengan adanya ponsel berbasis android yang mendukung aktifitas bisnis dan jual beli di dunia maya ini. Kemudahan bertransaksi memang menjadi faktor utama kenapa bisnis ini semakin berkembang di tanah air, apalagi Indonesia sendiri memiliki letak geografis yang unik, dimana terdiri dari banyak kepulauan, selain itu akses ke daerah pun cukup sulit. Oleh sebab itu, belanja online menjadi bentuk jalan keluar bagi masyarakat untuk mendapatkan barang.

Bisnis online ini memang menjadi ladang uang yang menjanjikan. Selain karena kemudahan bertransaksi, juga karena banyaknya pilihan barang yang ditawarkan. Jika masuk ke toko offline, dalam satu jam hanya bisa masuk ke satu atau dua toko saja, namun beda halnya ketika berselancar di dunia maya, dalam satu jam bisa masuk ke 10 toko online sekaligus yang menawarkan barang beragam. Untuk toko online yang menawarkan baju misalnya, kita bisa masuk ke 10 toko online yang berbeda dalam satu waktu, dan mendapatkan beragam baju yang diinginkan.

Selain itu, model atau desain barang yang dijual melalui online lebih up to date dan mengikuti perkembangan zaman jika dibandingkan dengan toko offline yang baru berganti barang atau stok ketika stok lama sudah tidak laku selama beberapa bulan.

Pembayaran dalam jual beli online juga mudah, cukup mengirim uang melalui transfer maka barang akan langsung dikirim. Apalagi untuk transfer sekarang ini tidak harus dilakukan lewat ATM, akan tetapi sudah ada ibanking atau mobile banking melalui ponsel android, sehingga transaksi pembelanjaan akan semakin mudah.

Bisnis online juga semakin menggiurkan karena penjual pun bisa tidak mengambil stok barang, dan cukup menjadi reseller atau dropshipper, sehingga apabila ada penjualan, nanti bagian produsen atau distributor utama yang akan mengirimkan barang, dan penjual hanya tinggal menawarkan barang kepada pembeli dan melayani transaksi penjualan dengan mengambil keuntungan dari selisih harga jual.

Bisnis online memang sangatlah menggiurkan, apalagi jika melihat keberhasilan para pedagang online yang bisa meraup untuk belasan juta bahkan hingga puluhan juta rupiah tiap bulannya.

Beberapa hal inilah yang menjadi penyebab bisnis internet di Indonesia kian berkembang dari hari ke hari, selain karena faktor teknologi, juga faktor kemudahan akses yang dialami baik itu oleh penjual maupun oleh pembeli sehingga sekarang ini masyarakat lebih suka bertransaksi lewat dunia maya dibandingkan harus bertatap muka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *