Produk Bisnis Terkini yang Sebaiknya Tidak Dijual Online

carajualan.com-bisnis terkiniPerkembangan bisnis di internet memang terus meningkat dari tahun ke tahun. Pertumbuhan jumlah pembeli yang berbelanja di berbagai situs online di Indonesia bahkan mencapai rata-rata 8% setiap tahunnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap toko online semakin besar, sehingga semakin banyak orang yang beralih berbelanja di toko online dengan memanfaatkan berbagai kemudahan yang ditawarkan. Kecenderungan para konsumen untuk mendapatkan barang atau produk terbaru di internet memang terus meningkat sebab pada kenyataannya, tidak semua toko yang ada di sekitar wilayah tempat tinggal mereka menjual produk-produk terbaru, atau mungkin produk terbaru belum masuk ke wilayah mereka. Bagi para pebisnis yang terjun di dunia bisnis online, data tersebut tentu berarti positif. Namun, bukan berarti semua barang terbaru yang dijual di internet akan laku keras. Berikut ini adalah panduan bagi para pebisnis tentang beberapa produk bisnis terkini yang sebaiknya tidak dijual secara online.

  1.  Perhiasan

Menjual perhiasan di toko online, terutama perhiasan yang mengandung emas atau logam mulia, harus dihindari. Data dari berbagai lembaga survey menunjukkan bahwa umumnya para pembeli khawatir jika membeli perhiasan di toko online. Selain tidak bisa melihat kualitas perhiasan tersebut secara langsung, konsumen umumnya khawatir jika perhiasan yang dijual di toko online adalah perhiasan palsu. Tentu konsumen tidak ingin mengeluarkan uang dengan jumlah yang besar untuk membeli perhiasan sementara barang tersebut belum mereka lihat secara langsung.

  1. Barang Pecah Belah

Membeli barang pecah belah di internet merupakan sesuatu yang rawan, sebab pembeli umumnya tidak ingin barang yang mereka pesan sampai ke tangan mereka atau alamat mereka dalam keadaan yang tidak sebagaimana mestinya. Di antara contoh barang pecah belah yang rawan untuk dijual online adalah barang yang mengandung kaca, mudah pecah, dan barang yang mudah rusak ketika jatuh. Untuk itu, para pebisnis yang akan berkecimpung di bisnis online tidak disarankan menjual barang pecah belah. Umumnya, para calon konsumen hanya melihat-lihat produk barang pecah belah terbaru di internet, namun mereka akan membelinya di toko-toko di sekitar rumah mereka secara langsung.

  1. Jual Beli Binatang

Jual beli binatang peliharaan seperti burung memang menjadi lahan bisnis terkini yang cukup menjanjikan. Namun, jual beli binatang di dunia internet sebaiknya dihindari. Risikonya sangat besar bagi pembeli maupun penjual. Bagi penjual, pengiriman binatang ke alamat pembeli tentu merupakan kesulitan tersendiri sebab tidak semua ekspedisi menerima jasa pengiriman dalam bentuk makhluk hidup. Sementara bagi si pembeli, membeli binatang secara online sangat rawan penipuan. Banyak sekali kejadian pembeli yang memesan binatang secara online namun binatang tersebut tidak eprnah sampai ke alamatnya.

Itulah beberapa produk bisnis terkini yang sebaiknya tidak dijual secara online, kerena selain rawan penipuan dan rawan rusak, kepercayaan calon konsumen untuk membeli produk-produk tersebut sangatlah rendah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *