Promosi Online dengan Endorser Artis

Perubahan gaya bisnis dan gaya belanja di era teknologi ini memang memiliki pengaruh besar terhadap cara berpromosi. Jika dulu, untuk berpromosi dengan menggunakan artis, haruslah beriklan di televisi atau media cetak dengan biaya yang mencapai ratusan juta rupiah. Namun kini, dengan adanya gaya promosi online, bisa menggunakan endorser artis dengan dana yang lebih terjangkau.

Artis atau public figure memang masih menjadi daya tarik tersendiri ketika mempromosikan sesuatu. Artis yang terkenal dan memiliki banyak penggemar tentunya akan membuat produk yang dipromosikan akan banyak dibeli.

Seperti halnya ketika artis tampil sebagai bintang iklan di televisi, para penonton akan beranggapan jika artis tersebut memang benar-benar menggunakan produk yang diiklankan, para penonton lupa bahwa untuk mempromosikan produk tersebut, para artis dibayar dengan harga yang mahal.

Di era digital sekarang, promosi online seringkali menampilkan endorser artis atau public figure. Hal ini memang membutuhkan dana yang tidak sedikit, apalagi jika artis tersebut memiliki penggemar fanatik yang banyak serta mempunyai follower yang tidak sedikit di media sosial.

Mempromosikan produk lewat online memang lebih banyak menggunakan foto atau video yang kemudian diunggah di media sosial pribadi milik artis. Para artis tersebut akan berpose menggunakan produk yang diendorse kemudian menuliskan caption dengan mencantumkan nama toko online yang menjual produk tersebut.

Asumsinya artis yang memiliki banyak pengikut atau follower di dunia maya, maka ketika ia mengunggah sesuatu akan banyak orang atau followernya yang melihat, dan itu bisa menjadi viral di media sosial, sehingga produk dan toko online nya pun dikenal banyak orang dan bisa mendapatkan banyak follower baru serta konsumen baru.

Tak hanya artis saja yang kini bisa diendorse, selebgram ata selebtweet yang juga memiliki banyak follower juga bisa menjadi pilihan untuk mengendorse suatu produk. Dibandingkan dengan artis, mengendorse produk pada selebgram atau selebtweet tentunya lebih murah. Bahkan, ada juga selebgram atau selebtweet yang tidak mematok harga endorse, karena cukup dengan mendapatkan produk gratisnya saja.

Meski begitu, tetap ada selebgram atau selebtweet yang mematok harga untuk endorse, terutama yang sudah memiliki follower ratusan ribu hingga lebih dari satu juta follower. Untuk biaya endorse artis atau public figure sendiri beragam. Para selebgram atau selebtweet biasanya mematok harga yang lebih rendah jika dibandingkan dengan artis papan atas.

Harga selebgram biasanya ratusan ribu hingga 3 jutaan. Namun untuk artis harga endorse bisa mencapai 12 jutaan, tergantung pada tingkat keterkenalan artis serta follower yang dimiliki. Apabila ingin promosi online menggunakan artis memang harus memiliki budget khusus, jangan sampai karena nekat endorse artis namun tak sebanding dengan pemasukan yang ada, bisa berakibat pada penurunan omzet bahkan kerugian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *