Promosi Online Menggunakan Facebook Fanpage

Di jaman serba internet seperti sekarang, banyak orang yang menggunakan media sosial untuk mendapatkan informasi, jejaring pertemanan, media komunikasi sampai promosi bisnis. Salah satu media promosi online yang banyak digunakan oleh para pembisnis adalah facebook.

Facebook adalah media sosial yang penggunanya paling banyak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Hal tersebut dimanfaatkan untuk kegiatan internet marketing, yaitu kegiatan mempromosikan produk atau jasa yang akan dijual. Kelebihan menggunakan media sosial untuk promosi antara lain lebih murah dan efektif.

Selain itu facebook juga memberikan fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para pembisnis untuk mempromosikan barang atau event bisnis, yaitu fanpage. Keuntungan membuat fanpage adalah terpisah dengan akun pribadi. Berbeda dengan akun pribadi hanya dapat diakses oleh orang yang sudah jadi teman, pada fanpage profilnya bisa diakses oleh public dan memungkinkan pemilik fanpage berbagi informasi kepada pengguna facebook.

Berikut ini beberapa manfaat menggunakan fanpage untuk bisnis yang perlu Anda ketahui:

Tidak Ada Batas Pertemanan

Pada facebook profile jumlah pertemanannya dibatasi hingga 5000 orang, sedangkan fanpage jumlahnya tidak terbatas. Hal ini menjadi hal yang penting untuk kelangsungan bisnis Anda, karena semakin banyak pengguna fb yang mengetahui bisnis Anda, maka semakin besar Anda mendapatkan konsumen.

Lebih Terlihat Professional

Dengan fanpage, bisnis Anda terlihat lebih professional. Dengan adanya fanpage kegiatan bisnis Anda tidak tercampur dengan kegiatan pribadi Anda, sehingga hasilnya bisa  lebih maksimal. Itu sebabnya mengapa fanpage cocok digunakan untuk bisnis.

Baca juga: Cara Promosi Usaha Yang Jitu

Beriklan Sesuai Target

Anda bisa membuat promosi dengan gratis atau bisa memilih jenis promosi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Cara yang paling mudah adalah mengundang pengguna fb untuk menyukai facebook fanpage.

Sedangkan jika Anda menggunakan iklan yang berbayar, Anda bisa lebih terperinci menentukan target audience. Misalnya memilih audience berdasarkan umur, pekerjaan, jenis kelamin, domisili dsb. Menggunakan iklan berbayar lebih efektif karena langsung mengenai sasaran. Selain itu, halaman fanpage bisnis Anda akan muncul di bagian kanan beranda dan jumlah munculnya bisa Anda pilih sesuai dengan budget.

Mudah Mengupdate Informasi

Kelebihan lainnya menggunakan media promosi online fanpage adalah lebih mudah mengupdate segala hal yang berhubungan dengan bisnis. Berbeda dengan web yang umumnya berisi konten statis dan jarang update. Selain itu, Anda bisa membuat penawaran promosi atau event bisnis.

Muncul Di Search Engine

Facebook fanpage bisa muncul di mesin pencarian atau search engine dibandingkan dengan facebook profil. Siapapun pengguna internet bisa terhubung dan mengunjungi halaman fanpage bisnis Anda.

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, masih banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan jika promosi online bisnis Anda di media sosial facebook. Apalagi didukung dengan semakin banyak pengguna fb yang tersebar di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *