Rahasia Internet Martketing untuk Para Pebisnis Online

Persaingan antar pebisnis online semakin ketat sehingga setiap pebisnis harus melakukan inovasi agar produk-produk yang diperjual belikannya dapat laris manis dan diburu para penggemar belanja online. Salah satu kunci sukses tidaknya bisnis online yang dijalankan oleh para pengusaha atau pebisnis adalah kegiatan pemasaran online atau internet marketing. Tanpa pemasaran yang baik, produk yang dijual secara online akan sulit dilirik oleh calon pembeli, sebab para pembeli online umumnya lebih tertarik membeli produk yang dipromosikan dengan baik dan menarik.

Pemasaran online sangat penting dilakukan untuk memperkenalkan produk yang dijual, agar produk tersebut dikenal luas oleh masyarakat, dan agar produk yang dijual bisa dilirik pembeli dan bisa laris. Setiap pebisnis harus memiliki strategi pemasaran yang jitu untuk menarik minat para calon pembeli. Berikut ini adalah beberapa rahasia internet marketing untuk para pebisnis online.

Memetakan Calon Pembeli Potensial

Sebelum lebih jauh melakukan pemasaran, para pebisnis harus mampu memetakan calon pembeli yang potensial, yang disesuaikan dengan jenis produk yang akan dijualnya. Jangan pernah melakukan promosi secara serampangan atau tidak terukur, sebab tidak akan efektif. Contoh, misalnya produk yang dijual adalah berbagai produk kecantikan, maka calon pembeli yang potensial tentu adalah para wanita. Namun, tidak semua wanita pengguna internet gemar membeli produk kecantikan secara online, umumnya, wanita yang gemar belanja online adalah mahasiswi dan wanita karier. Atau misalnya produk yang dijual adalah perlengkapan olahraga seperti sepatu futsal, maka calon pembeli yang potensial adalah anak mudah terutama mahasiswa yang menggemari sepak bola. Maka dengan peta tersebut, pebisnis mulai dapat melakukan promosi, dengan target promosi sebagaimana telah ditentukan di awal.

Baca jugaIngin Luncurkan Situs Bagus Belanja Online? Lakukan Tips Berikut Terlebih Dahulu!

Melakukan Marketing Secara Spesifik

Setelah memetakan calon pembeli yang potensial, langkah selanjutnya adalah melakukan marketing secara spesifik. Lakukanlah promosi online dengan mendekati calon pembeli tersebut, namun bukan berarti mendekati secara personal, melainkan secara komunal. Misalnya, dengan masuk ke berbagai grup media sosial yang banyak diikuti oleh para calon pembeli potensial tersebut. Contoh, jika yang dijual adalah sepatu futsal yang pembeli potensialnya adalah mahasiswa, maka ikutilah akun media sosial seperti grup penggemar bola atau lokus kelompok supporter yang bertebaran di berbagai media sosial dan situs web. Dengan demikian, proses marketing akan lebih fokus dan lebih tepat sasaran.

Berusaha Lebih Interaktif

Tidak sekadar menyebarkan promosi di berbagai lokus yang memiliki banyak calon pembeli potensial, pebisnis online harus lebih interaktif dengan calon pembelinya. Gunakanlah bahasa promosi yang cair, tidak kaku. Misalnya, “Teman-teman, aku jual sepatu futsal nih. Kondisi sepatu sama dengan di foto.” akan jauh lebih diterima dibandingkan menulis “Dijual, sepatu futsal…”. Internet marketing memang harus dilakukan dengan berbagai inovasi agar lebih menarik minat calon pembeli.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *