Sebelum Belajar Bisnis Internet, Baca Ini Dulu!

Apakah Anda ingin belajar bisnis Internet? Nah, sebelum mata Anda dibuai dengan mimpi indah waktu luang yang tak berujung dan duduk manis di sofa sambil memegang laptop Anda dan klik sana-sini lalu mendapatkan ribuan dolar, mari saya tunjukkan realitasnya.

Gambaran ini biasanya dipromosikan oleh pemilik bisnis internet: mimpi besar meninggalkan pekerjaan lama Anda, dengan jam kerja yang panjang dan bos yang menjengkelkan, untuk mendapatkan gaya hidup yang fleksibel yang berada dalam kendali Anda.

Baik, saya beritahu Anda – itu semua benar adanya!

belajar bisnisTapi ini bukan berarti mudah dicapai dan Anda akan kehilangan banyak hal yang mungkin secara tidak sadar Anda hargai dalam pekerjaan lama Anda yang aman dan nyaman. Saya akan menunjukkan hal-hal yang akan hilang dari Anda yang mungkin ingin Anda pertimbangkan baik-baik sebelum berhenti dari pekerjaan Anda.

  1. Katakan selamat tinggal pada pendapatan yang dapat diandalkan dan dapat diprediksi.

Tidak ada pekerjaan yang 100% aman dan ada argumen kuat bahwa memegang kendali pendapatan Anda melalui bisnis kecil Anda sendiri itu lebih aman daripada bekerja. Kenyataannya tidak terasa seperti itu, terutama ketika Anda baru memulai bisnis. Bahkan bisnis yang paling mapan dan sudah berjalan sangat lama pun tidak bisa menjamin bahwa penjualan akan terus terjadi. Kadang Anda mendapat penghasilan bulanan yang besar atau kadang kecil sekali. Satu-satunya hal yang pasti adalah ketidakpastian. Gaji yang stabil akan terasa jauh lebih aman dibandingkan naik turunnya bisnis Anda sendiri.

  1. Bisnis Anda adalah kehidupan Anda.

Ketika Anda mulai belajar bisnis, Anda tidak akan bekerja dari jam 9-5 atau bahkan jam 8-6. Di awal Anda kemungkinan besar akan bekerja tak kenal waktu. Sebelum Anda bisa mempekerjakan orang lain, jam kerja Anda akan lama dan Anda tidak akan memiliki libur akhir pekan. Namun jika Anda cerdas, menetapkan harapan yang realistis, dan sadar bahwa hidup harus seimbang, maka menjalankan bisnis Anda sendiri pasti hanya akan memakan waktu kerja yang lebih sedikit dibanding bekerja secara normal.

  1. Anda tidak akan pernah menghasilkan uang riil sebelum bisnis Anda menjual.

Kenyataannya, hanya sebagian kecil bisnis yang membuat pemiliknya benar-benar kaya, sedangkan sisanya hanya berpenghasilan rata-rata.

  1. Tidak ada pensiun atau cuti.

Sebagai pemilik bisnis, majikan Anda adalah diri Anda sendiri dan selain bertanggung jawab atas pensiun karyawan Anda, Anda juga bertanggung jawab atas masa pensiun Anda sendiri.

  1. Rekan kerja

Tidak ada rekan kerja untuk solopreneur. Anda dapat mempekerjakan karyawan yang mudah-mudahan bisa menjadi teman. Tapi dinamika yang selalu terjadiadalah Anda bos dan mereka karyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *