Seputar Pengertian Dan jenis-Jenis Internet Marketing

Seiring perkembangan internet dan teknologi yang semakin berkembang pesat. Banyak peluang yang bisa dilakukan, salah satunya berpeluang mendapatkan penghasilan. Salah satu peluang tersebut adalah internet marketing.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika terjun ke dunia online marketing yaitu Anda akan mendapatkan penghasilan yang lumayan besar dengan cara yang mudah, praktis bahkan ada beberapa jenis internet marketing yang tidak membutuhkan dana. Namun, untuk menjalankannya tidak semudah yang dibayangkan, diperlukan sikap yang disiplin, konsisten dan strategi yang jitu. Selain itu diperlukan mental yang kuat, kesabaran dan pengetahuan seputar dunia bisnis. Nah, berikut ini kami akan berbagi mengenai poin penting yang harus dipahami jika Anda tertarik untuk terjun ke dunia bisnis online.

Kenali Bentuk Marketing Online

Agar lebih mudah menjalankan internet marketing yang harus dipahai pertama kali adalah bentuknya, secara sederhana marketing online bisa dibedakan menjadi dua yaitu:

  • Internet Sebagai Sumber Penghasilan

Menjalankan marketing online bisa memilih berbagai tipe bisnis diantaranya adalah sebagai berikut: pay per clik (PPC), pay per lead (PPL), pay per sale (PPS) dan menjual produk/ jasa sendiri.

  • Internet Sebagai Sumber Promosi

Sekarang internet menjadi media promosi yang tepat digunakan oleh pembisnis untuk melakukan kegiatan pemasaran produk/ jasa miliknya. Hal tersebut karena semakin banyaknya pengguna internet yang tersebar di seluruh dunia, khususnya di Indonesia menjadi salah satu negara yang paling banyak menggunakan media sosial.

Hal tersebut menjadi peluang mendapatkan banyak konsumen dan semakin banyak orang yang mengetahui produk/ jasa yang Anda tawarkan. Agar kegiatan pemasaran dan promosi lebih efektif, ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca juga: Definisi dan Strategi Internet Marketing

  • Melalui search engine optimization (SEO)

Bagi Anda yang menjalankan bisnis melalui online tentu pernah dengar istilah SEO. Ada banyak keuntungan jika Anda memperhatikan dan menjalankan pola SEO dalam berbisnis di internet. Jika Anda, maka halaman web/ situs bisnis yang Anda kelola akan mendapatkan peringkat yang mudah dibaca oleh mesin pencarian Google. Jadi apabila semakin baik peringkat web dihalaman Google artinya semakin berpeluang untuk mendatangkan pengunjung, artinya semakin berpeluang mendapatkan calon pembeli.

  • Memanfaatkan Media Sosial

Cara yang paling efektif dan banyak dilakukan oleh para pembisnis baik pembisnis offline maupun online adalah menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan barang/ jasa miliknya. Ada banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan, mulai dari facebook, instagram, twitter, Path, Line dsb.

Agar kegiatan internet marketing menggunakan media sosial dapat berjalan efektif penting untuk mengetahui aturan dan ciri khas setiap masing-masing media sosial yang Anda pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *