Strategi Internet Marketing Menggunakan Media Sosial

Bisnis online saat ini menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan, sebab peluangnya terbuka dan terbilang sangat tinggi. Apalagi sekarang pengguna internet sudah cukup banyak. Inilah yang menjadi alasan mengapa bisnis online memiliki peluang yang bagus. Bagi Anda yang baru memulai bisnis ini bisa memanfaatkan media sosial untuk kegiatan internet marketing.

Secara sederhana internet marketing adalah kegiatan pemasaran yang berhubungan dengan bisnis yang dijalani, baik itu kegiatan promosi, meningkatkan brand, membangun personal branding, aktivitas penjualan dsb. Salah satu cara internet marketing yang efektif dijaman serba internet sekarang ini adalah dengan memanfaatkan media sosial.

Ada banyak fasilitas medsos yang bisa digunakan untuk sarana mengembangkan dan memperkenalkan bisnis Anda. Ada banyak media sosial yang bisa Anda gunakan, seperti: instagram, facebook, twitter, line,path dsb. Kegiatan internet marketing yang tepat akan mempengaruhi proses bisnis dan pada akhirnya akan mempengaruhi penjualan yang semakin meningkat.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda akan membangun personal branding dengan menggunakan media sosial, yaitu:

 

  • Membuat Perencanaan

 

Poin pertama yang harus dilakukan adalah membuat perencanaan atau persiapan yang matang. Jangan terlalu muluk-muluk, dengan membuat perencanaan yang mustahil dijalankan karena Anda akan mengalami kesulitan saat menjalankan bisnis Anda. Beberapa hal yang melibatkan persiapan di dalam bisnis antara laina dalah:

 

  • Mempersiapkan produk

 

Produk yang Anda jual berpengaruh juga pada sukses atau tidaknya bisnis yang Anda jalankan. Misalnya apakah Anda akan memproduksi sendiri barang yang dijual, menjadi reseller atau dropsip. Anda harus yakin dengan produk yang Anda jual. Pastikan produk yang dijual memiliki kualitas yang baik dan mampu bersaing dengan berbagai macam produk yang dijual di pasaran. Dengan demikian bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

 

  • Sistem Pemasaran Yang Tepat

 

Agar bisnis berjalan lancar, yang harus Anda pikirkan lainnya adalah sistem pemasaran yang tepat sehingga bisnis Anda dapat terus berkembang dan menunjukkan progress yang positif. Jangan menerapkan sistem pemasaran yang sulit, pilih cara pemasaran yang tidak membutuhkan waktu lama dan berpeluang untuk mendapatkan banyak konsumen. Setelah mendapatkan konsumen, cari strategi yang tepat agar mereka mau belanja kembali atau menjadi pelanggan tetap.

 

  • Pelayanan Dan Standar Kebijakan

 

Jika Anda menjalankan bisnis apapun, harus memiliki standar pelayanan terhadap konsumen. Hal ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi bisnis Anda, karena jika konsumen puas dengan pelayanan yang Anda berikan mereka akan kembali lagi untuk membeli barang yang mereka butuhkan. Selain memberikan pelayanan yang memuaskan, terapkan juga kebijakan sehingga jika mengalami masalah bisa dengan cepat ditindak lanjuti dan bisa diselesaikan dengan baik.

Itulah beberapa strategi internet marketing yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan media sosial untuk proses pemasaran. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *