Strategi Jitu Instagram Marketing Untuk Para Pembisnis

Apakah Anda ingin bisnis yang Anda jalani diketahui banyak orang? produk terjual dengan drastis? salah satu cara yang potensial untuk dicoba adalah menggunakan media sosial instagram. Sekarang sudah banyak penelitan yang membuktikan instagram marketing mampu membuat brand terkenal dan meningkatkan penjualan.

Pada tahun 2016 pengguna aktif instagram mencapai 500 juta jiwa, bahkan sudah banyak foto dan video yang diunggah setiap harinya. Namun masih banyak pembisnis yang beranggapan bahwa menggunakan instagram hanya untuk pembisnis yang menjual produk fashion dan makanan. Hal tersebut tidak benar karena instagram marketing bisa digunakan untuk kegiatan pemasaran jenis bisnis apapun juga.

Memulai bisnis melalui instagram terlebih dulu harus mengetahui cara menggunakan instagram itu sendiri. Beda media sosial yang digunakan beda pula cara dan aturannya. Ada beberapa hal yang wajib diketahui terlebih dulu sebagai dasar yang harus diperhatikan jika akan memulai pemasaran menggunakan instagram, yaitu sebagai berikut:

Baca juga: Manfaat Dan Keutungan Menggunakan Instagram Untuk Bisnis Online

Nama Akun

Ketika membuat instagram sebaiknya gunakan nama yang sesuai atau sama dengan bisnis yang Anda jalankan. Lebih baik lagi jika nama akun menggunakan brand.

Isi Keterangan

Ada beberapa informasi yang harus diisi dan sifatnya sangat penting yaitu deskripsi bio. Informasi ini perlu diisi berupa deskripsi singkat mengenai bisnis anda, kontak yang bisa dihubungi dan alamat email yang menuju ke website yang Anda kelola (jika punya).

Foto Profil Akun

Gunakan foto yang merepresentasikan bisnis yang Anda kelola. Gunakan foto yang simple yang memudahkan para follower mengenali bisnis Anda. Fotonya bisa berupa gambar logo, produk atau hal-hal yang berhubungan dengan bisnis. Gunakan resolusi yang tinggi yaitu rasio 1:1 dengan ukuran 150×150 pixel.

Konten Foto Dan Video

Hal ini menjadi bagian penting menjalankan bisnis menggunakan instagram. Semakin ketatnya bisnis di instagram mengharuskan Anda untuk lebih kreatif dan inovatif dengan konten yang diupload agar mendapatkan perhatian follower. Anda bisa menampilkan bisnis yang Anda jalankan atau promosi melalui bentuk foto atau video yang unik.

Caption

Caption atau deskripsi foto dan video memberikan pengaruh yang berbeda terhadap followers. Anda bisa melakukan ekspermen dengan mencantumkan berbagai jenis caption. Lalu lihat hasilnya melalu tools tertentu.

Hastag

Hastag atau kata kunci dapat membantu Anda mengelompokkan video dan foto menjadi beberapa kategori tertentu. Anda bisa menggunakan hastag berapapun dan sebanyak mungkin, asalkan masih berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan. Selain itu hastag juga dapat membantu mempermudah pengguna lain menemukan bisnis atau produk Anda. Jadi jangan pernah lupa untuk mencantumkan hastag pada setiap foto dan video yang Anda upload.

Dengan mengetahui dasar menggunakan instagram marketing diharapkan dapat meningkatkan hasil penjualan dan membuat bisnis atau brand Anda menjadi dikenal banyak orang. Selamat berbisnis di instagram!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *