Taktik Jitu Promosi Online di Sosial Media

carajualan.com-tips bisnisSalah satu manfaat keberadaan internet bagi dunia bisnis adalah untuk melakukan promosi. Di internet, kegiatan promosi online banyak dilakukan di sosial media, yaitu situs-situs web tertentu yang memiliki banyak pengguna sehingga di web tersebut terjalin komunikasi dan hubungan antara satu orang dengan jutaan pengguna lain dari web tersebut, oleh sebab itulah web semacam itu disebut sosial media karena mampu mendekatkan yang jauh sehingga memungkinkan adanya interaksi.

Melakukan promosi di sosial media memang sangat mudah dan cepat. Cukup dengan membuat akun dan rajin memposting barang-barang yang akan kita jual atau pasarkan, kegiatan promosi sudah bisa dilakukan. Namun bukan berarti dengan cukup membuat akun sosial media dan memposting barang akan berarti promosi yang kita lakukan akan tepat sasaran dan menarik perhatian calon konsumen. Sebaliknya, promosi yang kita lakukan bisa berdampak negatif jika tidak menggunakan strategi yang tepat. Berikut ini adalah beberapa taktik jitu melakukan promosi online di sosial media.

  • Menyediakan Data dan Informasi yang Lengkap

Salah satu hal yang paling penting dalam mempersiapkan akun sosial media adalah memberikan data dan informasi yang lengkap tentang identitas kita, baik identitas perusahaan (kalah ada), ataupun identitas kita sebagai promotor atau orang yang sedang melakukan promosi. Data-data yang wajib kita cantumkan di akun sosial media yang kita buat di antaranya adalah: nama lengkap (baik nama kita ataupun nama perusahaan), alamat lengkap (jika mewakili korporasi, kita bisa mencantumkan alamat perusahaan), nomor kontak yang bisa dihubungi (usahakan nomor itu selalu aktif), dan data-data penting lain untuk menunjukkan bahwa usaha yang kita lakukan tidaklah fiktif. Kalau perlu, kita juga bisa mencantumkan surat izin usaha, nomor pokok wajib pajak (NPWP) perusahaan kita, dan nomor rekening. Dengan menyediakan data dan informasi yang lengkap tentang perusahaan kita atau setidaknya data diri kita akan membangun kepercayaan di mata calon konsumen.

  • Menentukan Pangsa Pasar

Dalam setiap kegiatan promosi apapun, menentukan pangsa pasar atau menetapkan target orang-orang yang berpotensi menjadi konsumen dari produk kita adalah salah satu kunci penting kesuksesan promosi. Begitu pula dengan melakukan promosi di media sosial. Kita harus mendekatkan diri dengan calon konsumen yang potensial, yaitu dengan menambahkan mereka sebagai teman atau masuk ke forum-forum yang potensial pula. Misalnya, jika kita ingin mempromosikan produk kecantikan, maka kita harus berteman dengan banyak perempuan yang suka berdandan dan masuk ke forum-forum yang diikuti oleh banyak perempuan atau grup sosial media tertentu tempat berbagi tips tentang kecantikan.

Melakukan promosi online di sosial media tidak boleh dilakukan secara serampangan dan asal posting, sebab hal tersebut justru memberikan citra buruk di mata calon konsumen yang sebenarnya potensial sebab kita terkesan melakukan promosi secara random (acak). Melakukan promosi secara acak di internet tidak ubahnya seperti membuang poster iklan di jalan raya, yang tentu tidak efektif dan malah mengotori.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *