Tantangan Memulai Bisnis Online

Tak bisa dipungkiri jika akhir-akhir ini bisnis online tengah menjamur, banyak orang dari berbagai kalangan yang merambah bisnis ini, tua-muda, laki-laki perempuan, bahkan tak jarang juga anak-anak sudah mulai berbisnis di dunia maya.

Jika diperhatikan, bisnis di dunia maya itu mudah, hanya bermodal laptop, smartphone serta koneksi internet, maka sudah bisa menjalankan bisnis ini. Akan tetapi, hanya sedikit saja yang benar-benar sukses di bisnis ini. Hal ini karena banyak orang yang lupa harus menghadapi banyak tantangan ketika menjalankan bisnis online. Apa saja tantangan yang harus dihadapi itu? Berikut ulasannya:

baca juga: Cara Berbisnis Online: Membeli Bisnis Yang Sudah Jadi

  1. Kompetitor

Tantangan pertama yang harus dihadapi adalah pesaing atau kompetitor. Setiap hari bisa jadi bermunculan pelaku bisnis dunia maya ini. Untuk menghadapi para kompetitor ini yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan strategi yang tepat. Misalnya dengan memulai bisnis yang tidak banyak dilakukan oleh kompetitor, atau mencari ide baru atau inovasi dalam hal pelayanan serta kreasi produk.

  1. Konsumen Jahil

Di satu sisi, konsumen adalah sumber laba, namun di sisi yang lain, konsumen juga menjadi tantangan yang harus dihadapi, terutama konsumen jahil atau konsumen yang tidak bertanggungjawab. Misalnya saja ada konsumen yang sudah membeli tapi tidak membayar, ada pula konsumen yang tiba-tiba membatalkan satu pihak. Hal ini tentunya bisa menimbulkan kerugian bagi penjual. Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini terjadi bisa dengan membuat sistem penjualan yang tepat agar konsumen tidak bisa berbuat jahil atau tidak bertanggung jawab.  

  1. Penipuan

Penipuan yang terjadi di dunia maya tak hanya dilakukan oleh produsen nakal, namun juga bisa dilakukan oleh konsumen nakal. Misalnya ada konsumen yang meniru barang yang diproduksi kemudian mengaku jika itu adalah produk kita.

  1. Hacker

Dunia online tentunya sangat mudah diserang atau dibobol oleh hacker. Hacker ini dapat mengancam sistem bisnis. Hacker bisa meretas keamanan situs penjualan, bahkan yang lebih berbahaya para hacker dapat mencuri informasi mengenai rahasia bisnis perusahaan online/ Untuk mencegahnya adalah dengan cering mengawasi situs bisnis.

  1. Perkembangan Teknologi

Teknologi juga bisa menjadi tantangan bagi para pelaku dagang online. Teknologi berkembang sangat cepat, apabila para pelaku tidak mempelajari atau mengikuti perkembangan, maka tentunya akan tertinggal.

  1. Musim Tertentu

Perkembangan komodi yang dijual biasanya juga tergantung musim. Misalnya sedang musim K-Pop maka barang-barang yang berkaitan dengan Korea akan laris, namun jika musim ini telah berlalu maka barang dengan pernak-pernik korea bisa tidak laku dan akhirnya mengalami kerugian besar jika masih memiliki banyak stok barang.

  1. Pengelolaan Uang

Hasil yang cukup menjanjikan denga berbisnis di dunia maya memang bisa membuat seseorang jadi jutawan mendadak. Akan tetapi jika pengelolaan uang tidak baik, justru akan mengakibatkan perubahan gaya hidup menjadi konsumtif dan akhirnya uang bisnis digunakan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup hingga akhirnya perputaran uang bisnis menjadi tidak jelas dan bisa mengakibatkan kerugian.

Itulah beberapa tantangan yang harus dihadapi para pelaku bisnis online. Tantangan-tantangan tersebut haruslah bisa disikapi dengan baik agar bisnis yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *