Ternak Love Bird, Bisnis Terkini yang Menjanjikan

Beberapa tahun terakhir ini, pamor burung hias sedang meningkat drastis, salah satunya adalah burung hias jenis love bird. Banyaknya penggemar lovebird. membuat peluang bisnis ini bisa menjanjikan keuntungan yang besar. Bisnis terkini dengan modal yang tidak besar tentunya membuat bisnis ini sangatlah menguntungkan.

Bisnis terkini untuk beternak burung mungil ini memang menjanjikan, apalagi harganya pun terbilang mahal, bahkan bisa mencapa angka puluhan juta. Harga yang mahal ini akan semakin mahal jika memenangkan kontes. Ya, lovebird ini selain menjadi burung hias, juga sering dijadikan burung kontes, ada dua segmen yang biasanya dilombakan, yaitu warna dan suara.

Sejak tahun 2010, kontes lovebird banyak diadakan di berbagai kota besar yang ada di Indonesia, dengan semakin banyaknya lomba ini membuat penjualan serta pendapatan peternak lovebird semakin meningkat.

Untuk kontes lovebird segmen suara, yang dinilai biasanya adalah kicauannya selama 20 detik. Sedangkan untuk segmen warna bulu, yang saat ini banyak dicari oleh pecinta lovebird adalah jenis biola dan jenis parblue yang mana untuk satu ekor burungnya saja seharga jutaan rupiah. Maka tak heran jika dua jenis lovebird ini menjadi primadona.

Jika dilihat dari segi haga, anakan lovebird Biola yang berusia 3-8 bulan memiliki harga Rp 2,5 juta – Rp 3,5 juta / ekor.  Sedangkan untuk lovebird parblue memiliki harga kisaran Rp 4 juta – Rp 5 juta / ekor.

Sedangkan untuk segmen lovebird kicauan memiliki harga anakan Rp 1,5 juta / ekor. Untuk harga lovebird biasanya dipengaruhi oleh indukan, apabila indukan memiliki sertifikat, maka harga anakannya menjadi lebih mahal.

Cara yang dilakukan para penghobi serta penangkar untuk membuat keberadaan lovebird ini tetap eksis adalah dengan mengadakan lomba lovebird secara rutin. Dengan semakin rutinnya lomba lovebird, maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk mempunyai lovebird.

Baca juga: Berita Terkini Tentang Perkembangan Bisnis Online Indonesia

Bagi yang ingin beternak lovebird, caranya sebenarnya tidaklah sulit. Lovebird adalah burung yang terbilang jarang stres, hal ini disebabkan lovebird adalah jenis burung yang mudah beradaptasi di lingkungan baru.

Pakan utama Lovebird adalah milet putih, sedangkan untuk menu tambahannya bisa ditambah dengan kangkung, jagung, atau bisa juga dengan kuaci.

Untuk satu kandang berukuran 1 meter persegi, dapat diisi 3 pasang Lovebird, meski idealnya satu kandang hanya diisi dengan 1 pasang lovebird saja supaya tidak mengganggu indukan yang lain.

Agar lovebird bisa memiliki harga tinggi, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah pemasteran sejak burung berusia 3 bulan. Cara pemasteran ini adalah dengan mendekatkan anakan dengan indukan yang memiliki suara panjang.

Peluang bisnis terkini untuk burung jenis lovebird memang sangat menjanjikan, apabila dikerjakan secara serius, bukan tak mungkin keuntungan hingga ratusan juta rupiah bisa didapatkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *