Tertarik Bisnis Jual Beli Mobil Bekas? Inilah Tips Jitunya!

Menghasilkan pundi rupiah kini bisa dilakukan dengan banyak cara mulai dari bekerja hingga berbisnis sendiri. Jika kini Anda sedang bingung karena ingin berbisnis sendiri, maka Anda perlu mulai melihat peluang di sekitaran Anda tentang apa yang dibutuhkan pasaran untuk saat ini. Salah satu peluang yang muncul di era modern seperti saat ini adalah dengan kebutuhan masyarakat akan mobil. Mengingat tidak semuanya mampu membeli mobil dalam kondisi baru dan mahal, maka mobil bekas pun banyak dipilih. Ya, jual beli mobil bekas bisa jadi usaha yang menarik untuk di kulik.

Baca juga: Info Jual Beli Mobil Terbaru

Jika Anda tertarik untuk menggeluti bisnis ini, maka berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  • Butuh showroom

Bisnis jual beli mobil bekas bukanlah bisnis yang bisa dilakukan dengan modal minim saja. Memang modalnya cukup besar karena untuk menjalankannya maka Anda butuh showroom untuk memajang koleksi mobil yang Anda jual. Tak hanya itu, showroom itu sendiri juga haruslah berada di lokasi strategis seperti pinggiran jalan raya dan lokasi yang banyak dilewati orang.

  • Sediakan mobil bekas yang banyak dicari pasaran

Selanjutnya adalah dengan menyediakan mobil bekas yang banyak diminati pasaran. Jangan sampai Anda menyediakan mobil-mobil yang bahkan tidak ada yang minat sama sekali. Biasanya daerah mempengaruhi hal ini misalnya untuk wilayah perkotaan lebih minat dengan mobil keluarga atau city car. Namun untuk di wilayah seperti pedesaan umumnya lebih banyak dicari mobil pick up atau mobil keluarga.

  • Hindari mobil dari makelar

Perkara untung rugi memang yang utama jika Anda mendapatkan mobil dari makelar. Namun bahkan Anda juga kurang mampu memastikan kondisi mobil secara langsung. Oleh karena itu, usahakan untuk menghindari sebisa mungkin mobil yang ditawarkan oleh para makelar karena jatuhnya justru Anda akan berkurang keuntungannya. Lebih baik cari dan datangi sendiri pemilik mobilnya.

  • Service dan percantik mobilnya

Setiap pemilik mobil berbeda-beda. Ada yang merawat mobil dan banyak juga yang tidak. Jika Anda menemukan mobil dengan kualitas yang masih bagus namun hanya rusak di beberapa bagian tidak vital, maka ada baiknya jika Anda membersihkan dan memperbaikinya dulu sehingga nilai jual dari mobil itu sendiri bisa terdongkrak.

  • Kekuatan jaringan

Jangan menyepelekan kekuatan relasi dan jaringan. Selain Anda mampu menemukan pelanggan baru, Anda juga akan berkesempatan untuk bisa mendapat informasi mobil bekas yang dijual.

Dalam jual beli mobil bekas, Anda juga wajib tahu tentang aturan hukum yang berlaku terkait surat menyurat dan dokumen legalitas nya. Untuk itu, ketahui dan patuhi semua aturan hukum yang berlaku dalam hal ini agar tidak ada masalah di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *