Tetap Berpenghasilan di Usia Senja dengan Bisnis Pensiun

Pensiun bagi sebagian orang adalah masa rehat atau beristirahat. Setelah bertahun-tahun bekerja di kantor, pensiun menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu. Tetapi tak semua orang merasakannya, adapula para pensiunan yang merasa bingung. Kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi menjadi momok paling menakutkan bagi para pensiunan. Pendapatan yang berkurang sementara pengeluaran tetap menjadi alasan bisnis pensiun kerap dilirik.

Melamar pekerjaan di tempat lain pada usia senja tentu tidak memungkinkan lagi. Perusahaan umumnya memiliki batas usia maksimum pada masa produktif, sehingga para pensiunan harus memutar otak. Pekerjaan apa sekiranya yang bisa mereka jalani tanpa harus terbatas oleh usia? Usaha apa pula yang bisa mereka rintis saat usia tak memungkinkan pekerjaan fisik lagi? Menjawab berbagai kebimbangan tersebut, dibawah ini beberapa bisnis yang bisa dijadikan pertimbangan:

  • Kontrakan atau kosan

Rumah Anda bisa disulap menjadi kosan atau kontrakan untuk mereka yang membutuhkan. Tempat tinggal menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia, tapi sayangnya tak semua orang mampu membeli rumah sendiri. Oleh karena itu, cobalah menjadikan kamar-kamar tak terpakai di rumah sebagai sumber penghasilan bulanan. Bisnis pensiun ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal berdua dengan pasangan, sementara anak-anak sudah dewasa.

  • Agen travel

Kebutuhan berlibur sama tingginya dengan kebutuhan pokok dalam beberapa tahun terakhir. Banyak orang yang sengaja meluangkan waktunya untuk sekedar berpiknik dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Cobalah membuka usaha di bidang tersebut, sebab prospeknya yang cukup menggiurkan. Tapi ada baiknya Anda pun harus melakukan persiapan serta kematangan di bidang travel agar tak mengalami kerugian yang besar di kemudian hari.

  • Peternakan

Waktu yang berlebih di masa pensiun bisa Anda manfaatkan untuk merawat serta memelihara hewan. Ayam menjadi salah satu hewan peliharaan yang sangat menjanjikan, karena kebutuhannya sebagai lauk sehari-hari. Bukan hanya ayam pedaging, tetapi ayam petelur pun sama-sama menjanjikan keuntungannya. Bagi Anda yang cukup telaten dengan peternakan ayam, Anda tak perlu risih memelihara beberapa ekor sebagai permulaan.

  • Sewa kendaraan

Pensiunan di beberapa kota wisata patut mencoba bisnis sewa kendaraan. Tak perlu modal yang besar, Anda bisa mengelolanya sendiri. Usia tua pun tak akan membatasi Anda untuk memulai usaha sewa kendaraan, baik mobil atau sepeda motor. Setiap orang pastinya membutuhkan kendaraan sebagai alat transportasi praktis, tetapi tak semua orang memilikinya. Jadi manfaatkan peluang bisnis tersebut untuk meraup keuntungan yang besar.

  • Toko sembako

Memutar uang pesangon atau tabungan yang dimiliki sebagai modal usaha adalah pilihan paling bijak. Tak harus bermodal besar, sebuah toko sembako atau kelontong bisa Anda bangun di rumah. Bermodal bahan-bahan pokok yang dibeli dari supplier, Anda bisa menjualnya kembali dengan selisih keuntungan. Cukup mudah untuk bisnis pensiunan dan Anda pun bisa menjalankannya sembari bersantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *