Tiga Langkah Cara Berbisnis Online Membuat Lapak Online

carajualan.com-cara berbisnis onlineMembuat lapak online merupakan salah cara berbisnis online. Lapak online merupakan tempat untuk berjualan maupun promosi secara online yang mudah. Anda dapat memulai membuat lapak online lewat situs sosial media yang gratis, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Bukalapak, Tokopedia, dan situs lainnya.

Anda juga dapat membuat lapak online dengan membuat website sendiri. Dalam proses pembuatannya, Anda akan lebih banyak berkutat dengan hal yang bersifat teknis, seperti belajar menginstal aplikasi website, dan mungkin akan sedikit belajar bahasa pemrograman web.

Dalam membuat website sendiri, Anda membutuhkan nama domain dan hosting.

Nama domain merupakan nama website Anda. Ibarat bangunan rumah, nama domain adalah alamat rumah Anda. Usahakan ketika Anda memutuskan nama website, harus sesuai dengan topik website Anda atau produk yang akan Anda jual pada website tersebut.

Sementara, hosting merupakan tempat untuk Anda meletakkan nama domain Anda dan file-file pembentuk website. Apabila dalam analogi bangunan rumah di atas tadi, hosting diibaratkan dengan tanah. Semakin besar kapasitas hosting, maka ukuran tanah rumah Anda akan semakin luas.

Dalam website sendiri terdapat dua metode pembuatan, yaitu metode website gratisan dan website berbayar.

Pada website berbayar inilah yang mengharuskan Anda menggunakan nama domain dan hosting sendiri untuk alamat website Anda, dan kemudian menyewa hosting untuk digabungkan dengan domain tersebut. Metode ini lebih direkomendasikan karena memiliki keuntungan yang banyak, juga lebih dipercayai oleh konsumen atas profesionalitasnya karena memiliki alamat domain sendiri. Untuk pembayaran, biasanya Anda perlu mengeluarkan uang 150 ribu untuk sewa hosting dan 100 ribu untuk membeli nama domain.

Pada website gratisan, Anda dapat menggunakan penyedia blog gratisan seperti WordPress, Blogspot, Tumblr, dan masih banyak lagi. Meskipun website dengan metode seperti ini dianggap kurang profesional, tetapi cara ini cukup untuk digunakan bagi para pemula dalam memulai berbisnis. Ketika bisnis Anda sudah mulai berjalan lancar dan mendapatkan pemasukan, Anda dapat mengupgrade-nya menggunakan domain dan hosting berbayar.

Setelah website Anda jadi, Anda dapat mengisinya dengan informasi produk / jasa yang Anda miliki. Dalam memuat informasi, sebisa mungkin Anda menuliskan profil usaha, galeri gambar produk / jasa beserta keterangannya, alamat usaha lengkap beserta contact person, dan cara pemesanan maupun form order.

Apabila konten website sudah Anda, Anda dapat mempromosikan website Anda melalui situs media sosial yang Anda miliki. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kunjungan / trafik ke website Anda. Selain itu, Anda juga dapat mempromosikan produk maupun jasa Anda di situs-itus forum seperti Kaskus, dan situs-situs Marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, dan lain sebagainya. Dengan begitu, website Anda dapat memiliki banyak pengunjung sehingga bisnis online Anda pun dapat dengan mudah dikenal.

Itulah gambaran tiga langkah cara berbisnis online membuat lapak online untuk memulai bisnis Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *