Tips Aman Belanja Cerdas Di Jual Beli Online

Saat ini jual beli online sudah menjadi trand dan gaya hidup masyarakat Indonesia.Semakin banyak toko online yang menjamur dari mulai yang kecil hingga yang besa. Selain itu banyak iklan yang muncul saat kita mencari informasi di web/ blog atau saat membuka akun media sosial.

Belanja online memang menyenangkan, kita tidak perlu repot-repot pergi keluar masuk toko untuk mencari barang yang dibutuhkan. Hanya dengan melihat catalog produk di halaman web toko online, memesan barang kemudian membayarnya dengan sistem pembayaran yang sudah ditentukan. Setelah itu anda tinggal menunggu satu dua hari hingga barang tersebut sampai ke tangan Anda.

Sayangnya, kemudahan tersebut harus membuat kita semakin selektif memilih toko online, karena sekarang sudah banyak konsumen tertipu. Ya, tidak sedikit modus penipuan dengan kedok jual beli online. Bagi sebagian orang tidak sulit membedakan mana toko online yang benar dan yang abal-abal. Namun masih banyak sebagian masyarakat yang belum terbiasa belanja online sulit mengetahuinya. Langsung saja simak tips dan trik belanja online yang aman berikut ini.

 

  • Jenis Situs

 

Sebelum belanja online sebaiknya ketahui terlebih dulu jenis situs belanja online. Secara garis besar situs belanja online dibagi dua, yaitu: toko yang menjual langsung ke pembeli dansitus yang menyediakan lapak bagi para penjual. Pelajari ciri-ciri kedua ciri penjual yang abal-abal dan toko yang benar.

 

  • Instal Anti Virus

 

Poin kedua ini sangat penting karena saat ini banyak virus yang suka mencuri data pribadi. Untuk menghindari virus pastikan perangkat yang digunakan sudah terinstal anti virus.

 

  • Pilih toko Online Yang Terpercaya

 

Poin selanjutnya adalah memilih toko online yang memiliki reputasi baik di mata konsumennya. Untuk mengetahui apakah toko online terpercaya atau tidak caranya adalah meluangkan waktu untuk mencari informasi seputar toko online tersebut. bisa melalui forum-forum, review atau medsos.

 

  • Kondisi Dan Harga Barang

 

Saat memilih produk perhatikan dengan seksama keterangan produk tersebut, seperti: apakah barang baru atau bekas, bergaransi resmi atau black market. Jangan segan bertanya langsung ke penjual mengenai kondisi barang. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah.

 

  • Cara Pembayaran

 

Ada beberapa metode pembayaran transaksi online, ada yang menggunakan transfer antar rekening bank, kartu kredit dan pembayaran langsung di tempat (COD). Anda bisa pilih metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan dan nyaman. Pastikan toko online tersebut memiliki sistem keamanan yang baik. Setelah melakukan pembayaran simpan buktinya dengan baik.

 

  • Pengiriman Barang

 

Jika barang sudah sampai ke tangan Anda, periksa dengan teliti kondisi barang. Jika ada kerusakan atau cacat segera hubungi penjual dengan menyertakan bukti pembayaran.

Itulah beberapa tips jual beli online agar terhindar dari modus penipuan. Meskipun selalu ada celah para okmum yang tidak bertanggung jawab, namun setidaknya Anda sudah melakukan tindakan untuk meminimalisir potensi modus penipuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *