Tips Aman jual beli online

Jual beli online adalah metode transaksi yang kini cukup digemari banyak orang. Hal ini menjadi maklum karena jual beli online memang memberikan banyak keuntungan dan kemudahan. Dengan transaksi jual beli online, orang-orang tak perlu merasa repot mendatangi si penjual. Hal serupa juga dirasakan oleh penjual, mereka tak perlu repot-repot mengantarkan barang kepada pembeli atau promosi. Cara itu sudah kuno. Jual beli online memungkin orang-orang bertransaksi hanya berbekal smartphone dan jari jemari. Hanya beberapa klik, transaksi pun tuntas dilakukan. Namun, faktor keamanan juga tak boleh diabaikan. Berikut ini adalah tips aman jual beli online yang bisa anda terapkan sebelum melakukan transaksi.

  • Teliti Halaman Sebelum Membeli

Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah meneliti terlebih dahulu halaman yang akan anda kunjungi. Pastikan halaman itu adalah halaman jual beli online yang terpercaya. Anda bisa melihatnya dari urutan mesin pencarian google, selain itum biasanya halaman-halaman jual beli online, namanya tidak asing di telinga. Anda juga bisa melihatnya dari rating halaman itu. Terus, anda juga bisa mencari pengalaman-pengalaman orang-orang yang pernah melakukan transaksi jual beli online di situs itu.

  • Kartu Kredit dan Debit

Untuk melakukan transaksi jual beli online, anda bisa menggunakan kartu kredit dan debit. Ini adalah cara yang memudahkan anda ketika melakukan transaksi. Anda juga harus berhati-hati ketika menggunakannya. Jangan sembarangan. Karena, banyak pula kasus pembobolan kartu debit dan kredit yang dilakukan setelah si pembeli melakukan proses jual beli online.

  • Jangan sembarangan memberikan informasi

Jangan pernah sekalipun semborono dalam memberikan informasi apapun. Terutama informasi nomor rekening anda. Karena, banyak pula modus penipuan yang memanfaatkan informasi si calon pembeli. Cara ini ampuh untuk menangkal penipuan.

  • Simpan Password dengan Baik

Tips yang tak kalah penting juga adalah dengan menyimpan baik-baik password anda. Password yang kami maksud ini adalah password akun jual beli online anda dan juga password rekening online seperti paypal. Jika anda lalai, urusannya akan panjang. Si penjahat akan dengan mudah membobol akun anda dan memanfaatkannya secara sewenang-wenang. Maka, sebaiknya berhati-hatilah.

  • Simpan Salinan Bukti Pembayaran

Salah satu hal yang tak kalah penting adalah menyimpan salinan bukti pembayaran. Ini adalah hal sepele yang juga tak boleh diabaikan. Karena sistem jual beli online  ini melalui sistem transfer via rekening. Maka, anda harus punya bukti kuat bila telah melakukan transaksi. Jangan sembrono menyimpannya. Karena, ini juga bisa membuat anda tak punya alibi kuat bahwa anda telah melakukan transfer.

Berikut tadi adalah tips-tips untuk anda yang ingin leluasa melakukan transaksi jual beli online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *