Tips Belanja Online Agar Terhindar Dari Penipuan

Belanja online sekarang menjadi trand gaya hidup masyarakat modern yang memiliki rutinitas dan aktivitas yang padat. Ada cara untuk mendapatkan harga murah dan aman saat melakukan belanja di internet yang harus diketahui dan dipahami khususnya bagi Anda yang lebih memilih belanja di internet.

Walaupun memberikan kemudahan, sebagai pembeli cerdas harus lebih hati-hati dan selektif, apalagi banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab mengambil keuntungan dengan melakukan modus penipuan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dijadikan panduan tentang cara belanja online yang bisa Anda ikuti agar terhindar dari penipuan.

Pilih Toko Atau Situs Jual Beli Yang Terpercaya

Sekarang banyak sekali bertebaran toko online dan situs e-commerce. Semakin banyaknya pilihan, menuntut kita lebih cerdas memilih toko yang memberikan pelayanan dan kualitas barang yang baik. Pilih toko yang memiliki reputasi baik, cara untuk mengetahuinya bisa dengan mencari informasi melalui review atau testimony yang ada di internet. Bisa juga dengan bertanya kepada teman atau saudara yang sudah pernah berbelanja online di toko tersebut.

Kredibilitas toko online bisa diketahui dengan melihat keterangan data yang ditampilkan. Toko yang profesional umumnya akan mencantumkan data lengkap, mulai dari alamat, email, nomor telepon, BBM, No telepon yang bisa dihubungi. Selain itu toko online yang terpercaya memiliki tampilan web yang profesional.

Perhatikan Foto Dan Deskripsi Produk Dengan Seksama

Perhatikan foto produk yang ditampilkan, apakah barangnya sesuai dengan yang Anda inginkan. Selain itu baca dengan teliti deskripsi atau keterangan yang menjelaskan produknya secara detail. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan pemesanan.

Membandingkan Harga

Setiap toko memiliki aturan menentukan harga, itu sebabnya kadang kita menemukan produk yang sama namun dengan harga yang berbeda. Nah, biar bisa mendapatkan produk yang Anda cari dengan harga murah, caranya adalah dengan membandingkan harga dari satu toko ke toko yang lainnya.

Untuk melakukannya, Anda tidak perlu repot membuka satu-satu situs atau toko online. Sekarang sudah ada cara yang praktis, dengan mengunjungi situs khusus untuk membandingkan harga.

Pilih Metode Pembayaran Yang Aman

Sekarang banyak pilihan metode pembayaran berbelanja online, ada yang melalui transfer antar bank, menggunakan kartu kredit, rekening bersama dan pembayaran langsung (COD). Jika Anda memilih pembayaran menggunakan rekening, pastikan nama pemilik rekening sama dengan nama pemilik toko.

Setelah Anda melakukan transaksi, simpan bukti pembayaran untuk mencegah jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya jika terjadi masalah pengiriman. Cetak formulir pemesanan yang Anda gunakan saat pemesanan sebagai opsi untuk menunjukkan setelah pengiriman barang sampai.

Demikian tips belanja online agar terhindar dari penipuan, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *