Tips Berjualan di Internet Agar Laris

carajualan.com-tips jualanPerkembangan teknologi internet memberikan manfaat di berbagai bidang yang menjadikan pekerjaan yang dilakukan oleh manusia menjadi lebih mudah. Salah satu bidang yang menerima dampak baik dari teknologi internet adalah bidang bisnis atau usaha. Dengan teknologi internet, hal-hal yang berkaitan dengan bisnis, seperti misalnya kegiatan promosi, akan menjadi lebih mudah. Jangkauan internet yang sangat luas dan cara penggunaannya yang cukup mudah tentu sangat membantu proses pemasaran atau promosi menjadi lebih efektif dan lebih cepat. Internet dapat dijadikan media untuk berjualan, mulai dari memasarkan produk hingga media transaksi. Berikut ini adalah beberapa kiat atau tips berjualan di internet agar laris.

  • Membuat Foto Semenarik Mungkin

Salah satu kunci mempromosikan barang di internet adalah membuat foto sebaik dan semenarik mungkin dengan objek barang atau produk yang akan kita jual. Internet merupakan media visual, yang semua kontennya dinikmati dengan pandangan mata. Untuk itu, promosi produk di internet harus mampu menarik pandangan mata calon konsumen. Salah satu cara yang efektif adalah dengan membuat foto produk semenarik mungkin. Misalnya dengan konsep yang jelas sebagaimana poster, dengan memberikan tagline produk di foto yang diposting di internet tersebut, atau dengan memberikan keterangan ringkas dan jelas tentang keunggulan produk yang akan kita jual. Foto iklan yang efektif adalah foto yang ketika dilihat sekilas, orang yang melihatnya akan tertarik sehingga mencari lebih jauh tentang produk dalam foto tersebut.

  • Mencari Calon Pembeli Potensial

Tips berjualan di internet selanjutnya adalah mencari dan kemudian mendekati calon pembeli yang potensial. Mendekati, dalam konteks bersosialisasi di internet bukan berarti berbasa basi menawarkan produk yang kita jual, melainkan merapat, yaitu misalnya dengan menambahkan calon pembeli potensial itu sebagai teman di media sosial, ikut bergabung ke grup-grup yang kemungkinan anggotanya tertarik membeli produk kita, sehingga iklan/ promo produk yang kita buat akan dibaca atau diperhatikan calon pembelinya. Dunia internet seperti hutan belantara dengan jutaan pengguna, seandainya kita menyebarkan iklan kita dengan sembarangan, maka kemungkinan iklan produk untuk dibaca/ diperhatikan sangat tipis. Cara mencari calon pembeli yang potensial adalah dengan melakukan segmentasi. Misalnya produk yang kita jual adalah produk kecantikan, maka segmentasi calon pembeli yang potensial tentu saja adalah perempuan, utamanya yang berusia muda. Untuk itu, ikutilah forum atau grup di internet yang berisikan perempuan muda agar kita lebih mudah dan efektif dalam memperkenalkan produk kita.

  • Memposting Komentar Positif Pembeli

Jika produk kita sudah mulai ada yang membeli, mintalah pembeli tersebut untuk berkomentar tentang produk kita, kesan-kesannya setelah menggunakan barang yang kita terjual tersebut sebagai saran bagi kita. Jika komentarnya positif, kita bisa memposting komentar dari pembeli tersebut di internet. Memposting komentar positif dari pembeli merupakan tips berjualan yang sangat efektif sebab umumnya banyak orang yang membeli sebuah produk karena tertarik dengan komentar orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *